Dari 118.668 Peminat, Unsoed Purwokerto Kukuhkan 6.016 Mahasiswa Baru Tahun 2022

oleh -946 Dilihat
Dari 118.668 Peminat, Unsoed Purwokerto Kukuhkan 6.016 Baru Tahun 2022 – Halaman all

Purwokerto – Sebanyak 6.016 mahasiswa baru Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dikukuhkan dalam Sidang Terbuka Senat Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023.

Acara bertempat di Auditorium Graha Widyatama Prof. Rubijanto Misman, Senin (8/8/2022).

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr.Ir Noor Farid M.Si mengatakan mahasiswa yang diterima ini merupakan hasil dari beberapa seleksi.

Mereka merupakan mahasiswa yang lolos Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Mandiri (SPMB UTBK, SPMB Non UTBK, SPMB Profesi, SPMB Pascasarjana).

Selain itu juga dari Program ADIK / Afirmasi Pendidikan Tinggi, dan Program Kuliah Bergelar dan Exchange.

“Melalui mekanisme seleksi tersebut di atas, alhamdulillah berhasil tersaring 6.016 mahasiswa dari 118.668 peminat,” ujar WR I kepada Tribunbanyumas.com.

WR I menambahkan Unsoed juga menjadi rumah dari 42 mahasiswa dari 12 negara, yakni Jepang, Thailand, Bangladesh, Pakistan, Tajikistan, Yaman, Papua Nugini, Timor Leste, Sudan, Nigeria, Libya, dan Ghana.

Mahasiswa Unsoed tahun ini berasal dari seluruh wilayah nusantara.

“Hal ini sesungguhnya menjadi modal kuat mengokohkan ke-Indonesiaan kita melalui interaksi yang saling menghargai kebhinekaan dan kearifan lokal yang merupakan ciri khas dari bangsa ini.

Begitu pula, dengan dipercayanya Unsoed oleh mahasiswa dari luar negeri, menunjukkan kita sedang berada di track-nya menuju perguruan tinggi yang diakui dunia khususnya sebagai yang unggul dalam pusat pengembangan sumberdaya perdesaan dan kearifan lokal,” kata WR I.

Rektor Unsoed, Prof.Dr.Ir Akhmad Sodiq M.Sc.,Agr menyampaikan beberapa waktu ke depan.

Kampus akan menjadi ruang dan waktu di mana saudara sebagai mahasiswa akan berproses menjadi pribadi yang bertumbuh dan berkembang.

Bertumbuh secara intelektual dan profesional, melalui ilmu pengetahuan serta teknologi yang dipelajari sesuai dengan bidang ilmu.

Pada saat yang sama, saudara juga berkembang secara karakter dan kepribadian, melalui interaksi dan ragam aktivitas kemahasiswaan yang positif, konstruktif sekaligus prestatif sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

“Menjadi komitmen Unsoed bersama meraih masa yang depan yang lebih baik.

Menjadi komitmen Unsoed berupaya secara berkesinambungan dan memberikan jaminan agar anda berkesempatan untuk memiliki dan memenangkan masa depan.

Menjadi komitmen Unsoed untuk membekali anda menjadi bagian dari masa depan, dimulai sejak dari sekarang,” terangnya.

Lebih lanjut Rektor mengatakan masa depan yang akan dihadapi nanti, ditandai dengan perubahan yang begitu cepat dan dinamis.

Masa depan memiliki tantangan yang begitu luar biasa, namun sekaligus memberi peluang yang sama besarnya sejauh mampu membaca tanda-tanda zaman tersebut.

Masa depan adalah milik mereka yang berkarakter, milik mereka yang berkontribusi dan milik mereka yang diakui kapasitasnya.

“Oleh karenanya, dalam forum yang terhormat ini, agar kita siap dan tidak terkaget-kaget memasuki masa depan, maka saya mengajak para mahasiswa untuk sejak awal untuk Merdeka, Maju dan Mendunia,” jelasnya.

Mengakhiri sambutannya, Rektor atas nama pribadi, warga dan pimpinan universitas menyampaikan, selamat datang kepada mahasiswa baru Angkatan 2022 di kampus kejuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

“Terima kasih atas kepercayaan anda kepada almamater ini, sebagai tempat belajar dan meraih masa depan,” terusnya.

Secara simbolis penerimaan mahasiswa baru ditandai dengan pemakaian jas almamater oleh Rektor didampingi WR I, dan diikuti secara serentak oleh mahasiswa baru.

Dilanjutkan dengan pemberian Surat Keputusan Rektor kepada Para Dekan dan Direktur Pascasarjana.

Pada kesempatan tersebut juga diisi kuliah umum yang disampaikan oleh Sekertaris Jenderal MPR RI Dr. Ma’ruf Cahyono SH.,MH yang menyampaikan materi dengan judul Nilai-Nilai Kebangsaan. (jti)

No More Posts Available.

No more pages to load.