Setahun Sejak Diperintahkan Jokowi, Rusun Khusus Santriwati Selesai Dibangun

oleh -115 Dilihat

Banyumas Raya

JAKARTA, – Pembangunan rumah susun buat santriwati Pondok Pesantren Profesor Dr Hamka di Kecamatan Koto Tengah, Kota Padang, Sumatera Barat, akhirnya rampung.

Pembangunan rusun itu yaitu instruksi Presiden Joko Widodo pada 2017 dulu ketika melaksanakan kunjungan kerja ke kota tersebut.

Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko mengatakan, peran pondok pesantren terhadap pembentukan karakter bangsa sangat besar. Oleh sebab itu, pemerintah mendorong pengembangan pondok pesantren.

“Pesantren adalah model pendidikan terbaik dalam pembentukan karakter bangsa lewat pendidikan yg diajarkan di dalamnya,”¬†ujar Moeldoko sebagaimana dikutip siaran pers resmi KSP, Minggu (20/5/2018).

“Di situlah anak-anak muda digembleng mental, diajak berkembang, mengenali dirinya yg mulai bermanfaat untuk kehidupan mereka sendiri di masa datang,” kata Moeldoko.

Rusun tiga tingkat buat santriwati itu berkapasitas 216 penghuni. Terdapat 108 unit tempat tidur tingkat dan 108 unit lemari pakaian yg terbuat dari kayu.

Rusun ini dibangun dengan tipe barak. Setiap lantai terdiri dari unit-unit berukuran kecil sebanyak 14 unit yg mampu menampung 28 santri dan 2 unit besar yg bisa menampung 44 santri. Setiap lantai bisa dihuni oleh 72 santri.

Ketua Yayasan Wawasan Islam Indonesia, sebagai pengelola pondok, Jasrial mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada pemerintah yg sudah menolong membangun rumah susun pondok pesantren sehingga bermanfaat buat santriwati ke depan.

“Rusun Ponpes Prof Dr Hamka mulai diperuntukkan untuk santriwati. Rusun ini nantinya mulai digunakan setelah diresmikan bersama-sama dengan gedung SMP, SMA dan masjid,” ujar Jasrial.

TV Mereka membentuk kelompok bernama Santri Militan Jokowi atau Samijo.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com
BanyumasRaya.com

No More Posts Available.

No more pages to load.