Menteri Susi: Teruskan Semangat Kebangkitan Nasional Dalam Kerja Nyata

oleh -104 Dilihat

Banyumas Raya

JAKARTA, – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti turut mengucapkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-110 untuk masyarakat Indonesia.

Bagi menteri nyentrik yang berasal Pangandaran, Jawa Barat itu, Hari Kebangkitan Nasional milik makna besar untuk bangsa Indonesia. Ia berharap, semangat kesadaran nasional 110 silam itu tetap dirawat dan diaplikasikan buat pembangunan bangsa.

“Semoga peringatan Hari Kebangkitan Nasional kami seluruh diingatkan bagi terus mengingat jasa-jasa pahlawan kami yg sudah membangkitkan semangat pembangunan nasional,” ujar Susi di Jakarta, Minggu (20/5/2018).

“Dan kalian teruskan semangat mereka dalam pembangunan kerja nyata, membangun Indonesia maju dan berdaulat,” kata Susi.

Tanggal 20 Mei 1908 menjadi hari utama dalam sejarah panjang bangsa Indonesia. Pada tanggal itu, organisasi pemuda Boedi Oetomo didirikan oleh para pelajar di sekolah kedokteran STOVIA di Batavia yg kini dikenal dengan nama Jakarta.

Baca juga: Gerakan Perempuan Indonesia Deklarasikan Kebangkitan Nasional Jilid II

Meski awalnya cuma organisasi di bidang pendidikan dan kebudayaan, serta masih lingkup Jawa dan Madura, namun Boedi Oetomo didirikan karena adanya kesadaran mulai persatuan oleh generasi muda yg terdidik dan tercerahkan.

Pada anggaran dasarnya, Boedi Oetomo juga menyatakan bahwa tujuannya yakni buat menggalang kerja sama guna memajukan tanah Jawa dan Madura.

Kesadaran persatuan kultural inilah yg yaitu embrio munculnya kesadaran persatuan yg lebih luas yakni kesadaran nasional lewat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

TV Deklarasi Gerakan Kebangkitan Nasional Digelar di Jakarta

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com
BanyumasRaya.com

No More Posts Available.

No more pages to load.