Lebaran Tahun Ini Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 22,3 Persen

oleh -581 Dilihat

Banyumas Raya

Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data tertinggi pada H-1 Lebaran menjadi 12,89 Petabyte atau meningkat 22,3 persen seandainya dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari normal. Data tersebut bila dibandingkan dengan periode Lebaran tahun lalu, trafik layanan ini mengalami kenaikan sekitar 109 persen.

BERITA TERKAIT
  • Cara mendapatkan uang dari internet 2018 tanpa modal buat pemula dengan Android
  • Sebut leluhur India ciptakan internet, menteri ini diolok-olok warganya
  • 4 Hal ini membuktikan Indonesia mampu jadi negara besar di dunia
  • Indosat luncurkan GIG-To-GO, layanan home fiber internet prabayar pertama di RI
  • Ketua DPR: Wilayah tidak terjangkau internet menghambat kemajuan masyarakat
  • Imbas perkara kebocoran data Facebook, industri ini diprediksi tumbuh di masa depan

Secara persentase, wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, Jawa Timur, serta Bali dan Nusa Tenggara mengalami peningkatan penggunaan layanan data tertinggi hingga 40,5 persen dibandingkan hari normal. Begitu pula secara volume, trafik layanan data yg terjadi di wilayah-wilayah tersebut yaitu yg tertinggi secara nasional, menembus angka 3,77 Petabyte.

Penggunaan layanan data pada di momen Lebaran tercatat mengalami peningkatan yg signifikan di dua lokasi yg menjadi titik berkumpulnya pemudik, seperti Alun-alun Limbangan Garut, Stasiun Bandung, Pasar Turi Baru Surabaya, Gerbang Tol Ciledug Tangerang, dan Terminal Leuwipanjang Bandung.

Lonjakan serupa juga terjadi di lokasi-lokasi wisata yg dipadati pengunjung, di antaranya Batu Karas Pangandaran, Ciwidey Bandung, Lembang Bandung, Kota Bunga Puncak, dan Pantai Santolo Garut.

Media sosial pemicu

Dari sisi layanan, media sosial menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data Telkomsel pada momen Lebaran dengan 33,7 persen, diikuti video streaming (31,3 persen) dan layanan pesan instan (14,1 persen). Khusus video streaming, salah sesuatu kontributor meningkatnya konsumsi kuota data adalah aktivitas pelanggan yg menyaksikan live streaming pertandingan Piala Dunia 2018 melalui perangkatnya.

Sementara itu, dua aplikasi yg menjadi favorit pelanggan selama periode Lebaran tahun ini adalah YouTube yg memiliki andil terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 24,2 persen, diikuti Instagram (19,3 persen) dan Facebook (13,3 persen).

“Kami bersyukur bisa melayani pelanggan dan masyarakat dengan baik akan dari awal Ramadan hingga puncak Lebaran. Kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap kalian optimalkan hingga berakhirnya masa libur Lebaran dan seterusnya sehingga pelanggan mampu terus berkomunikasi dengan nyaman,” ujar Direktur Network Bob Apriawan dalam informasi persnya, Senin (18/6).

Trafik layanan suara di jaringan Telkomsel pada momen Lebaran tahun ini tercatat mengalami penurunan sebesar 9,8 persen dibanding hari normal menjadi sekitar 1,29 miliar menit. Sedangkan trafik layanan SMS pada puncak Lebaran mencapai 594 juta SMS atau turun 2,1 persen ketimbang hari normal.

Dari sisi kualitas layanan, tingkat keberhasilan koneksi data, pengiriman SMS, dan panggilan suara masing-masing mencapai 99,82 persen, 99,83 persen, dan 98,46 persen yg berarti secara umum pelanggan mampu menikmati layanan komunikasi dengan lancar.

Sementara itu, wilayah-wilayah yg paling banyak menerima kedatangan pelanggan dari wilayah lainnya pada periode mudik Lebaran tahun ini adalah Jawa Tengah dan Yogyakarta dengan 3,06 juta pelanggan, Jawa Barat (1,72 juta pelanggan), dan Jawa Timur (1,32 juta pelanggan).

Sejak jauh-jauh hari Telkomsel sudah memastikan segala layanan berfungsi secara optimal dan prima buat mengantisipasi tingginya penggunaan layanan komunikasi pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2018. Untuk itu, Telkomsel sudah melakukan perluasan cakupan, penambahan kapasitas, dan peningkatan kualitas jaringan, terutama di 772 titik strategis, yg terdiri dari 295 titik jalur mudik dan 477 titik lokasi wisata.

Beberapa aktivitas kesiapan infrastruktur yg dikerjakan Telkomsel antara yang lain membangun 12.000 BTS multiband LTE, penambahan kapasitas pada 579 BTS 4G, mengoperasikan 73 mobile BTS, tidak mengurangi kapasitas gateway internet 66 persen dari kapasitas existing menjadi 3.288 Gbps, tidak mengurangi kapasitas sistem IT buat layanan, dan tidak mengurangi kapasitas layanan isi ulang pulsa. [faz]

Sumber: http://www.merdeka.com
BanyumasRaya.com

No More Posts Available.

No more pages to load.