Konsumsi BBM All New Honda Brio Tembus 30 Km/Liter

oleh -151 Dilihat

Banyumas Raya

Jakarta – Honda Prospect Motor (HPM) resmi launching All New Honda Brio di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Agustus tahun lalu. Dua bulan kemudian, tepatnya Oktober 2018, para jurnalis pun mendapat kesempatan bagi menjajal performa Honda Brio generasi kedua ini di Bali.

Kali ini, HPM kembali mengundang sejumlah jurnalis otomotif bagi menguji efisiensi bahan bakar (BBM) All New Honda Brio. Melalui acara bertajuk All New Honda Brio Break The Limit yg digelar pada Selasa (20/3/2019), pengujian berlangsung dengan mengambil rute Jakarta-Bogor-Sirkuit Internasional Sentul dengan jarak sekitar 70 kilometer.

Menggunakan All New Honda Brio Satya bertansmisi CVT, para jurnalis, termasuk , bertolak pada pukul 09.30 WIB dari kantor pusat HPM di kawasan Sunter, Jakarta Utara, menuju jalan tol dalam kota dan lanjut memasuki tol Jagorawi hingga keluar di gerbang Bogor. Mobil pun berputar kembali memasuki tol Jagorawi, dahulu keluar di gerbang Sentul dan finish di Sirkuit Internasional Sentul sekitar pukul 11.00 WIB.

Baca juga: All New Honda Brio Sukses Jadi Mobil Terlaris
Baca juga: Duo Brio Baru Pimpin Penjualan Honda di Awal Tahun

Meski menguji seberapa hemat konsumsi BBM melalui indikator di Multi-Information Display (MID), bukan berarti mobil berjalan lambat. memacu mobil dengan kecepatan antara 60-80 km/jam, karena memang aturan berkendara di jalan tol batas minimumnya adalah 60 km/jam.

Meski demikian, injakan pedal gas tetap dijaga pada putaran 1.000-1.500 rpm. Dalam pengujian ini, sengaja tak mengatifkan fitur penyejuk udara (AC), meskipun sebagian peserta ada yg mengaktifkan.

Bagaimana hasilnya? All New Honda Brio Satya teririt mencapai konsumsi BBM 30,1 km/liter. sendiri dapat mencapai 28,2 km/liter. Angka tersebut berdasarkan indikator pada layar MID.

Baca juga: Mencicipi Rasa Baru All New Honda Brio

Keiritan konsumsi BBM pada All New Honda Brio ini memang sudah diklaim Honda sejak pertama kali diluncurkan di ajang GIIAS 2018. Pada sesi Media Test Drive di Bali, Oktober 2018, Chief Engineer Assistant Large Project Leader Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd., Yasuhiro Kumai, mengklaim mesin All New Honda Brio lebih baik dibanding dengan model sebelumnya meskipun secara teknis memiliki dimensi sama.

Seperti generasi pertamanya, All New Honda Brio masih memakai mesin SOHC silinder segaris 16 katup i-VTEC berkapasitas 1.200cc. Mesin ini bisa menyemburkan tenaga hingga 90 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 110 Nm pada 4.800 rpm.

“Meski demikian, kalian selalu melakukan pengembangan. Performa dan keiritan bahan bakat selalu ditingkatkan,” kata Kumai.

Klaim tersebut pun dibuktikan dengan berhasil menembus konsumsi BBM 30 km/liter.

Baca juga: Honda Luncurkan All New Brio di Ajang GIIAS 2018

Menengok ke 2016, sejumlah jurnalis pun sempat menguji mencoba efisiensi bahan bakar Honda Brio generasi pertama. Kali itu, mampu mencatatkan hasil 23,7 km/liter dengan mobil yg mengaktifkan AC. Catatan tertinggi ketika itu buat efisiensi BBM Honda Brio adalah 28,9 km/liter.

Akhirnya rekor tersebut berhasil dipecahkan dalam sesi acara All New Honda Brio Break The Limit.

Baca juga: Menjawab Tantangan Adu Irit New Honda Brio


Sumber: http://teknologi.inilah.com
BanyumasRaya.com

No More Posts Available.

No more pages to load.