IPad Pro Bikin Apple Jadi Penguasa Pasar Tablet

oleh -214 Dilihat

Banyumas Raya

– Apple hingga ketika ini masih bertengger sebagai penguasa pasar tablet di dunia. Perusahaan yg bermarkas di Cupertino, AS ini menguasai lebih dari 28 persen pangsa pasar secara global, terpaut cukup jauh dari para pesaingnya.

Hal ini kelihatan dari laporan yg dirilis oleh IDC dua waktu lalu. Dalam laporan ini disebutkan, pangsa pasar tablet yg dimiliki Apple didapat dari hasil penjualan sebanyak 9,1 juta unit iPad pada kuartal pertama awal tahun 2018 ini.

Dikutip Tekno dari IDC, Sabtu (5/5/2018), dari jumlah tersebut tercatat bahwa iPad Pro menjadi penyumbang terbesar bagi pangsa pasar tablet Apple ini.

Dari data yg dirilis IDC tercatat ada sebanyak 1,8 juta unit iPad Pro yg terjual selama tiga bulan pertama di 2018. Angka ini terbilang cukup tinggi dan menjadi penyumbang pendapatan terbesar Apple bagi sektor tablet.

Baca juga : iPad Pro 9,7 Inci Dijual Mulai Harga Rp 7,8 Juta

Berdasarkan data tersebut juga bahwa pangsa pasar Apple selalu menanjak dari kuartal akhir tahun lalu. Pada akhir 2017, Apple tercatat memiliki pangsa sekitar hampir 27 persen dan pada 2016 di periode yg sama, Apple memiliki pangsa sebesar 24 persen.

Sedangkan Samsung masih memertahankan posisi kedua meski penjualan perangkat menurun 11,4 persen dibandingkan tahun dahulu pada periode yg sama.

Samsung memang menjadi salah sesuatu brand dari sedikit merek yg tersisa yg menawarkan tablet Android premium dengan jajaran Tab S-nya.

Pangsa pasar tablet punya Samsung tercatat sebesar 16,7 persen terpaut cukup jauh dengan Apple di peringkat pertama. Samsung pun diramalkan bakal cukup kesulitan mengejar angka penjualan iPad.

Pasalnya iPad memang sudah menjadi tablet terlaris di dunia sejak memulai debutnya pada 2010 lalu. Para analis menilai bahwa iPad memiliki kelebihan dari sisi pengalaman penggunaan yg sulit bagi dimiliki tablet Android yg jadi pesaingnya.

Pertumbuhan yg cukup mengejutkan justru ditunjukkan oleh Huawei. Perusahaan yang berasal China ini tumbuh 13 persen dari tahun ke tahun dan masih bertahan di posisi tiga besar pangsa pasar terbesar di kuartal awal tahun ini.

Amazon yg pada kuartal keempat akhir 2017 dahulu menempati peringkat tiga besar malah tergelincir ke posisi kelima. Amazon memiliki pangsa pasar yg menurun dari kuartal sebelumnya yakni cuma sebesar 3,5 persen dari penjualan 1,1 juta unit tablet.

Berbeda dengan Amazon, Lenovo yg di akhir tahun dahulu berada di peringkat kelima, pada awal tahun ini menanjak pangsa pasarnya. Setidaknya ia meraih sekitar 6,6 persen pangsa pasar dari penjualan 2,1 juta unit tablet.

Kendati dua merek mencatatkan adanya peningkatan penjualan, pasar tablet di dunia sejatinya selalu merosot dari tahun ke tahun selama 13 kuartal berturut-turut.

Hingga kuartal keempat pada akhir 2017 dulu pengiriman tablet secara global jatuh 6,5 persen sebanyak 163,5 juta unit tahun 2017 dari 174,9 juta unit pada 2016.

Sementara itu, pada kuartal keempat tahun 2017, pasar tablet mengalami penurunan 7,9 persen year on year sebesar 49,6 juta unit yg dikirim ke semua dunia, dibandingkan dengan 53,8 juta unit pada kuartal yg sama tahun sebelumnya.

Baca juga : 5 Vendor Smartphone Terbesar di Indonesia

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://tekno.kompas.com
BanyumasRaya.com

No More Posts Available.

No more pages to load.