Gara-gara AI, Kapitalisasi Pasar Microsoft Salip Apple!

oleh -437 Dilihat

Jakarta – Microsoft kembali menjadi perusahaan publik dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia. Sebelumnya perusahaan ini memang selalu di belakang Apple dalam satu dekade terakhir.

Dikutip dari CNN, Minggu (14/1/2024) disebutkan saham Microsoft pada bursa saham Amerika Serikat (AS) menyentuh US$ 388,47 dengan kapitalisasi pasar mencapai US$ 2,89 triliun.

Sedangkan Apple, nilai sahamnya hanya US$ 185,92 dengan kapitalisasi pasar US$ 2,87 triliun. Kapitalisasi pasar adalah nilai total seluruh saham perusahaan publik. Dengan kata lain, ini adalah nilai pasar perusahaan.

Kenaikan Microsoft ke puncak terjadi setelah perusahaan tersebut mengalami tahun yang luar biasa berkat keberhasilannya dalam pengembangan kecerdasan buatan generatif alias airtificial intelligence (AI).

Pada tahun 2023, CEO Microsoft Satya Nadella melakukan investasi bernilai miliaran dolar pada AI, termasuk mengkomersialkan dan menambahkan alat AI seperti ChatGPT ke dalam rangkaian produknya.

Dia bahkan memperkuat hubungan Microsoft dengan pembuat ChatGPT, OpenAI yang slot88 menjadi pionir utama di bidang kecerdasan buatan.

Sementara itu, Apple sedang menghadapi serangkaian masalah. Penjualan iPhone melambat sebagian karena adanya upaya pemerintah China untuk membatasi pembelian.

Padahal China menjadi salah satu pasar terbesar Apple. Kabarnya, pemerintah China ingin membantu pabrikan ponsel pintar Huawei, memperoleh pangsa pasar lebih besar.

Apple juga baru-baru ini menghadapi larangan singkat untuk menjual model Apple Watch terbaru di Amerika Serikat.

(hal/kil)

No More Posts Available.

No more pages to load.