Mulai 10 Maret, KAI Luncurkan KA Kertanegara Relasi Purwokerto – Malang

oleh -0 views
Mulai 10 Maret, KAI Luncurkan KA Kertanegara Relasi Purwokerto-Malang
Cloud Hosting Indonesia

Purwokerto – PT KAI akan meluncurkan KA Kertanegara relasi Purwokerto-Malang (PP) pada 10 Maret 2021. Peluncuran KA Kertanegara ini juga dalam rangka memberikan pilihan perjalanan KA khususnya di jalur selatan yang selama ini hanya dilayani oleh KA Gajayana relasi Gambir-Malang.

“Walaupun di tengah pandemi, namun PT KAI terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan meluncurkan satu perjalanan baru Kereta Api relasi Purwokerto-Malang PP yang diberi nama KA Kertanegara,” kata PYMT Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Hendra Wahyono dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu (6/3/2021).

Dia mengatakan jika KA Kertanegara terdiri dari dua kelas layanan yaitu kelas eksekutif dan ekonomi.

“Peluncuran perdana perjalanan KA Kertanegara akan dilaksanakan pada Rabu, 10 Maret 2021, di Stasiun Purwokerto pada pukul 18.20 WIB. Perjalanan perdana KA Kertanegara dijadwalkan akan berhenti di stasiun Kroya, Kebumen, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Caruban, Nganjuk, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar, Wlingi, Kepanjen, Malangkotalama sampai dengan tiba di stasiun Malang pada pukul 03.06 WIB,” ujarnya.

PT KAI akan meluncurkan KA Kertanegara relasi Purwokerto-Malang (PP) pada 10 Maret 2021

PT KAI akan meluncurkan KA Kertanegara relasi Purwokerto-Malang (PP) pada 10 Maret 2021 Foto: (Arbi Anugrah/detikcom)

Dia menjelaskan, sedangkan jadwal perjalanan KA Kertanegara relasi Malang-Purwokerto akan berangkat pada pukul 08.20 WIB dan akan berhenti di Stasiun Malang kota lama, Kepanjen, Wlingi, Blitar, Tulungagung, Kediri, Kertosono, Nganjuk, Caruban, Madiun, Solo Balapan, Yogyakarta, Kutoarjo, Kebumen, Kroya, dan tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 17.17 WIB.

“Untuk optimalisasi pendapatan angkutan penumpang dengan memanfaatkan idle seat pada relasi tertentu, maka akan diberlakukan pula tarif khusus pada KA Kertanegara,” ucapnya.

Relasi tertentu tersebut, lanjut dia diantaranya untuk perjalanan dari Purwokerto-Yogyakarta, dimana pelanggan akan mendapatkan tarif khusus sebesar Rp 110.000,- untuk kelas eksekutif dan Rp 65.000,- untuk kelas ekonomi. Untuk relasi Purwokerto-Solo Balapan dengan tarif khusus Rp 130.000,- untuk kelas eksekutif, dan Rp 75.000,- untuk kelas ekonomi.

Sedangkan bagi pelanggan yang hanya akan menuju Stasiun Kutoarjo, tarif khusus dibanderol dengan harga Rp 55.000,- untuk kelas eksekutif dan Rp 35.000,- untuk kelas ekonomi.

“Untuk para pelanggan di wilayah Kutoarjo dan sekitarnya yang akan menggunakan KA Kertanegara dengan keberangkatan dari Stasiun Kutoarjo tujuan Yogyakarta, juga akan mendapatkan tarif khusus. Pelanggan cukup membayar Rp 45.000,- untuk kelas eksekutif dan Rp 25.000,- untuk kelas ekonomi. Sedangkan untuk relasi Kutoarjo-Solo Balapan, cukup membayar Rp 75.000,- untuk kelas eksekutif dan Rp 45.000,- untuk kelas ekonomi,” jelasnya.

Dia mengungkapkan jika reservasi tiket KA Kertanegara untuk keberangkatan tanggal 10 Maret 2021 sudah dapat dilayani dan dipesan melalui aplikasi KAI Access maupun kanal resmi yang bekerjasama dengan PT KAI.

Komentar Pembaca