Wapres Optimistis Pemangkasan PPh Badan Tingkatkan Penerimaan Pajak

oleh -31 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

JAKARTA, – Wakil Presiden Jusuf Kalla optimistis pemangkasan pajak penghasilan (PPh) badan bakal meningkatkan penerimaan negara dari pajak.

Kalla berpendapat, penurunan tarif PPh badan mulai menarik banyak investor sehingga penerimaan pajak pun meningkat seiring bertambahnya badan usaha.

Hal itu disampaikan Kalla menanggapi kebijakan pemerintah yg berencana memangkas PPh badan dari 25 persen menjadi 20 persen.

“Tentu ada efeknya. Efeknya pertama dalam jangka pendek, penerimaan negara mulai turun, tapi jangka panjang, seandainya investasi banyak dan usaha lancar, maka kembali mulai normal,” ujar Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-5112'); });

Baca juga: Penurunan PPh Badan, Janji Prabowo-Sandi yg Kini Diterapkan Pemerintah

Namun, ia menyatakan, kebijakan tersebut harus diambil agar tarif pajak korporasi di Indonesia kompetitif dengan negara-negara yang lain di ASEAN.

Kalla juga mengatakan, pemerintah telah menyiapkan langkah antisipasi saat penerimaan pajak turun di awal pemberlakuan kebijakan ini.

Nantinya, sumber pendapatan negara selain pajak korporasi mulai digenjot.

“Kita harus mencari sumber-sumber pendapatan, Kementerian Keuangan begitu, harus mengusahakan sumber keuangan. Bisa saja dengan mengurangi biaya kita, biaya belanja yg tidak utama kalian dikurangi, buat menutup itu, tapi ini bertahap. Tidak sekaligus,” ujar Kalla.

“Dalam kondisi ekonomi begini, di mana pun terjadi dunia ini dan kalian harus memberikan insentif bagi lebih banyak berinvestasi. Salah sesuatu cara berinvestasi adalah, baik di luar dan dalam, itu menurunkan pajak supaya dia ada akumulasi kapital, bagi membiayai investasinya,” kata Wapres.

Pemerintah berencana menurunkan PPh badan. Ketentuan tersebut nantinya tercantum dalam Rancangan Undang-undang (RUU) Ketentuan dan Fasilitas Perpajakan.

Sumber: http://nasional.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca

No More Posts Available.

No more pages to load.