TMP Kalibata Penuh, Ini Kriteria Selektif Dalam Memberikan Tanda Jasa

oleh -50 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

JAKARTA, – Wakil Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Negara Jimly Asshiddiqie menuturkan, ada sejumlah kriteria buat lebih selektif dalam menganugerahkan gelar maupun tanda jasa.

Hal itu ia katakan terkait dengan keadaan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata yg kini telah penuh.

“Yang mendapatkan hak bagi dimakamkan di TMP Kalibata adalah yg mendapatkan gelar Pahlawan Nasional, Bintang Republik, dan Bintang Mahaputra. Tiga gelar ini yg memiliki hak,” ujar Jimly kepada , Rabu (7/8/2019).

Meski demikian, Jimly menjelaskan, bagi mendapatkan salah sesuatu dari tiga gelar tersebut, pihaknya kini mulai lebih selektif.

Baca juga: TMP Kalibata Penuh, Jokowi Minta Pemberian Tanda Jasa Lebih Selektif

Artinya, buat mendapatkan bintang penghargaan mulai semakin tinggi nilainya.

“Orang yg mulai mendapatkan penghargaan itu bukan karena jabatan saja, melainkan apa yg dia lakukan melebihi amanat formal dari jabatanya. Dia bekerja buat bangsa dan negara, melebihi panggilan tugasnya,” ujar Jimly.

Intinya, seperti diungkapkan Jimly, mereka yg berhak mendapatkan gelar tanda jasa tersebut sudah bekerja melebihi amanat tugasnya.

Ia mencontohkan, ada seorang yg mendapatkan tanda jasa karena bekerja melebihi jam kerjanya serta prestasinya diakui masyarakat dan negara.

“Misalnya dia harus bekerja 12 jam sehari, tetapi dia kerja 20 jam sehari sampai meninggal dalam jabatan dengan prestasi yg diakui,” ucap Jimly.

“Faktor lainnya adalah dia memberikan dampak untuk kemajuan perkembangan kehidupan negara dan berjasa luar biasa di luar orang pada umumnya,” kata mantan ketua Mahkamah Konstitusi ini.

Baca juga: Kalibata Penuh, Dewan Gelar Minta Pemprov DKI Bikin TMP Baru

Sumber: http://nasional.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca

No More Posts Available.

No more pages to load.