Sandiaga Tetapkan Jumat Sebagai Hari Bersepeda

oleh -339 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga S Uno, memutuskan Jumat sebagai hari bersepeda. Penetapan hari bersepeda itu sebagai bentuk apresiasinya kepada para pesepeda di Ibu Kota di mana mereka kerap memakai sepeda ketika beraktivitas seperti berangkat dan pulang kerja.

BERITA TERKAIT
  • Soal wisata halal, Sandiaga pastikan penerapannya tidak radikal
  • Terinspirasi Jepang, Sandiaga ingin Jakarta jadi destinasi wisata halal
  • Datangi Wagub Sandiaga, komunitas pesepeda minta disediakan jalur mulus tanpa lubang

“Jumat adalah hari bersepeda dan ada semacam apresiasi buat tiap komunitas yg aktif bersepeda pada hari Jumat bagi mengurangi kemacetan dan membudayakan hidup sehat mulai kalian kasih pin Asian Games. Mulai Jumat ini dapat segera di-kick off (hari bersepeda),” jelasnya di Balai Kota, Rabu (7/3).

Untuk membuat nyaman para pesepeda, ia juga sudah menginstruksikan jajarannya buat memperhatikan jalur sepeda yg berada di sekitar proyek konstruksi. Jalan-jalan yg masih berlubang harus ditutup agar tak membahayakan para sepeda. Gorong-gorong juga harus diperhatikan.

Saat ini jalur sepeda di Jakarta baru 26 kilometer. Ia mendorong dinas terkait menyiapkan lebih banyak jalur sepeda. Ia juga meminta agar di sekitar Balai Kota langsung dibuatkan tempat parkir khusus sepeda yg aman.

Menanggapi permintaan komunitas Rocketers, ia meminta pengelola gedung-gedung di Jakarta menyediakan ruang ganti dan kamar mandi buat pesepeda yg berkantor di gedung tersebut.

“Sediakan ruang ganti dan kamar mandi. Karena mereka melakukan ini (bersepeda) dalam keseharian. Kantor-kantor juga memberi tempat parkir sepeda karena banyak sepeda yg hilang,” ujarnya.

Tiap hari Jumat, Pemprov DKI juga mulai menyediakan mobil keliling yg dilengkapi shower sehingga para pesepeda dapat mandi setelah bersepeda. Mobil ini mulai ditempatkan di dua titik. Dengan fasilitas ini diharapkan lebih banyak warga Jakarta yg bersepeda. [lia]

Sumber: http://www.merdeka.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca