Sandiaga Janji Revisi Aturan Agar Honorer Diatas 35 Tahun Bisa Jadi PNS

oleh -139 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

JAKARTA, – Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno berjanji mulai merevisi aturan agar guru honorer yg berusia diatas 35 tahun mampu menjadi pegawai negeri sipil. Janji itu mulai direalisasikan apabila dirinya terpilih pada Pilpres 2019. 

“Salah sesuatu permasalahannya adalah regulasinya. jadi ada yg telah lewat 35 tahun merasa tak diperlakukan secara adil. Nah kami harus lihat ini dari sisi keadilannya,” kata Sandiaga di Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Aturan yg dimaksud yakni Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017. Pasal 23 PP itu mengatur bahwa usia paling rendah bagi melamar menjadi CPNS paling rendah adalah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun.

Baca juga: Debat Ketiga, Sandiaga Akan Singgung soal Rendahnya Kesejahteraan Guru Honorer

“Kan regulasi itu kami mampu sesuaikan agar menghadirkan sesuatu sistem pendidikan yg lebih baik ke depan. Jangan sampai regulasi kalian menghambat,” kata Sandi.

Sandiaga menilai aturan yg membatasi cuma sampai 35 tahun itu sangat tak adil. Guru honorer yg telah lama mengabdi justru tak mempunyai kesempatan menjadi PNS dan mendapatkan kesejahteraan yg lebih baik.

“Mereka harus dikembalikan rasa keadilannya. Mereka telah bertahun-tahun ada yg sampai puluhan tahun mengabdi tetapi tak ada peningkatan kesejahteraannya dan peningkatan statusnya. Jadi hampir tiap kunjungan kita lakukan, guru-guru honorer menjerit karena mereka tak diperlakukan secara adil,” ujarnya.

Padahal, Sandiaga menilai persoalan kesejahteraan ini sangat berkaitan dengan kompetensi guru. Jika kesejahteraan belum terpenuhi, mulai sulit meningkatkan kualitas dan kompetensi diri.

Hal ini otomatis membuat peningkatan kualitas siswa didik dan kualitas pendidikan secara keseluruhan menjadi tak maksimal.

Baca juga: Respons Sandiaga Setelah Dilaporkan Eks Kombatan GAM ke Polda Aceh

“Kuncinya itu sebenarnya adalah kualitas dari guru itu sendiri. Kalau kualitas gurunya baik, mau usianya 40, 45 tahun dia berhak mendapatkan peningkatan kesejahteraan dan status,” kata dia.

Sementara ketika ditanya mengenai anggaran yg diperlukan buat menggaji guru-guru honorer yg diangkat menjadi PNS, Sandiaga mengakui hal ini menjadi tantangan tersendiri.

Namun Sandiaga berjanji ia dan Prabowo Subianto bakal mencari jalan keluarnya apabila nantinya memenangi pilpres 2019. “Tentunya kalian harus perhatikan anggarannya,” kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca