Polri Terjunkan Sekitar 100 Ribu Personel Untuk Amankan Asian Games 2018

oleh -118 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

JAKARTA, – Wakapolri Komjen Pol Syafruddin menegaskan agar publik tidak perlu khawatir dengan ancaman keamanan dalam ajang Asian Games 2018 nanti.

Polri mulai menerjunkan sekitar 100.000 personilnya buat melakukan pengamaman di tiga daerah pelaksana, yakni DKI Jakarta, Palembang dan Jawa Barat.

“Kita kerahkan sepertiga kekuatan Polri, ya sekitar 100.000-an personil di Jakarta, Jawa Barat, Palembang,” kata Syafruddin di sela-sela jalan sehat bersama atlet Indonesia di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (15/4/2018).

(Baca juga: Ketua Kontingen Ingin Atlet Indonesia Raih Prestasi Maksimal di Asian Games 2018 )

Ia pun telah memastikan, rangkaian pengamanan dalam kegiatan Asian Games 2018 nanti mencakup keamanan venue, pendirian posko keamanan, hingga pengaturan dahulu lintas di sekitar kawasan pelaksanaan Asian Games.

“Strategi ya seluruh diamankan, seperti venue, dahulu lintas transportasi diatur, pemerintah juga meliburkan anak-anak sekolah kan. Penguatan keamanannya juga mulai ditambah,” ujarnya.

Syafruddin juga menjelaskan bahwa Polri sudah berkoordinasi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) bagi menyiapkan berbagai rencana operasi pengamanan Asian Games.

“Semua mekanisme keamanan TNI-Polri telah mulai siapkan. Kita berkali-kali meeting rencana operasinya. Sudah ada,” ungkapnya.

(Baca juga: Lepas Atlet Asian Games Latihan ke Abu Dabhi, Wakapolri Sempatkan Lari Pagi Bareng)

Sebelumnya Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, pihaknya memastikan pertandingan skala Asia, Asian Games 2018, mulai berlangsung aman. Polri sudah menyiapkan operasi khusus buat pengamanan Asian Games.

“Asian Games harus berlangsung dengan sukses, tak boleh tidak. Tidak boleh ada ancaman, gangguan, ataupun tantangan yg lain,” ujar Setyo di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (13/4/2018).

Setyo mengatakan, Asian Games yaitu hajatan bersama masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat diminta menolong Polri dalam menjaga keamanan selama acara itu berlangsung. Sebab, kata Setyo, ini ketika yg istimewa buat Indonesia bagi memamerkan pada negara yang lain bahwa negara ini aman dan membuat tamu-tamu negara merasa nyaman.

Ia juga menuturkan tempat-tempat pelaksanaan Asian Games tersebut sudah dipersiapkan fasilitas penunjang serta pengamanan.

“Sudah disiapkan pengamanan baik tertutup dan terbuka,” kata Setyo.

(Baca juga: Kunjungi Pulau Pisang, Menpora Minta Doa Kelancaran Asian Games 2018)

Selain itu, rekayasa dulu lintas mulai dikerjakan bagi membatasi area khusus Asian Games sekaligus menghindari kemacetan. Hal ini bagi mengantisipasi masyarakat yg tak berkepentingan mendekati area tersebut.

“Tapi yg ingin menyaksikan kalian juga tentu mengharapkan supaya generasi muda kita, masyarakat kami lebih cinta olahraga di Senayan ini, kami siapkan pengamanan terbaik,” kata Setyo.

TV Sebagai pelopor, Menpora Imam Nahrawi ke kantornya memakai sepeda.

 

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112'); });

Sumber: http://nasional.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca