Waspada Hoaks Modus Penipuan Lowongan Karyawan AHM

oleh -71 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

JAKARTA, – PT Astra Honda Motor ( AHM) kembali menyayangkan adanya penipuan dengan modus rekrutmen karyawan baru di area fasilitas produksi. Parahnya, kali ini dikerjakan dengan syarat membayar uang muka dalam jumlah tertentu.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, menjelaskan, bila kejadian penipuan modus penerimaan karyawan di AMH bukan pertama kali terjadi, bukan cuma di Jakarta saja, tetapi di dua daerah lainnya.

“Yang pasti aku turut prihatin sama korbannya, jujur kasihan. Kejadian penipuan ini memang bukan baru sekali, telah dua kali dengan mengatasnamakan perusahaan AHM, bahkan pernah ada perkara sampai di luar Jakarta waktu itu,” ucap pria yg akrab disapa Muhib kepada , Rabu (14/11/2018).

Baca juga: AHM Luaskan Vokasi Sampai ke Merauke

Dari dua masalah yg telah terjadi, menurut Muhib sumber keterangan awal yg menyatakan adanya lowongan pekerjaan di AHM paling kadang dari internet. Rata-rata korbanya mendapat keterangan hoaks mengenai rekrutmen dari situs penjaja lowongan pekerjaan.

Dikabarkan pada masalah kali ini, oknum penipu yg mengaku karyawan AHM sampai meminta uang pada korban yg ingin melamar pekerjaan dengan dalih bagi menandatanggani kontrak kerja.

Saat dikerjakan pengusutan, ternyata oknum tersebut bukanlah karyawan, meskipun memiliki dan memakai seragam serta ID Card serupa seperti karyawan AHM yang lain saat mendekati korbannya. Sementara bagi uang yg diminta kepada korban, kabarnya cukup beragam, akan dari Rp 5 juta sampai Rp 12 juta.

Ilustrasi produksi AHM.Donny Apriliananda Ilustrasi produksi AHM.

Baca juga: Grup Astra Beli Go-Jek, Apa Peran AHM?

Muhib menjelaskan ketika ini kasusnya telah dilimpahkan ke kepolisian. Lebih lanjut Muhib juga menjelaskan bila AHM tak pernah memungut biaya apapun dalam setiap proses pelaksanaan rekrutmen calon karyawan, bahkan sampai tahapan dinyatakan lulus sekalipun.

Sedangkan bagi proses rekrutmen, AHM juga sudah menerapkan sistem online sendiri melalui website resmi perusahaan, merupakan https://www.astra-honda.com/karir. Untuk keterangan lowongan, masyarakat diharapkan jangan gampang yakin dan mampu memantau segera melalui laman resmi tersebut.

“Harpaannya tak terulang lagi kejadian sepert ini, karena selain kasihan dengan korban, otomatis nama baik perusahaan juga ikut terbawa,” kata Muhib.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112'); });

Sumber: http://otomotif.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca