VW Bikin Mobil Listriknya Punya ‘Suara’

oleh -50 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Berlin – Mobil listrik memang melaju dengan hening, tetapi Volkswagen milik cara sendiri bagi membuat hatchback VW ID.3 tetap memiliki suara raungan layaknya mobil bermesin konvensional.

VW baru-baru ini mengenalkan suara mesin tiruan atau buatan bagi mobil listrik ID.3, dalam sebuah acara di Berlin, Jerman.

Langkah VW membuat artificial sound bagi mobil listriknya ini didasari pada alasan yg sangat masuk akal. Mobil listrik yg hening, bahkan nyaris tidak bersuara pada kecepatan rendah sudah meningkatkan risiko kecelakaan.

Menggunakan Acoustic Vehicle Alerting System (AVAS), ID.3 mampu mengeluarkan suara layaknya mobil bermesin bensin pada kecepatan 30 km/jam dan mulai semakin keras saat mobil melaju dalam kecepatan yg lebih tinggi.

AVAS di ID.3 terdengar di bagian dalam dan luar kendaraan. Di dalam kendaraan, berbagai tahap suara terus terdengar berdasarkan kecepatan dan posisi pedal akselerator, demikian jelas VW dalam pernyataan resminya.

Dalam membuat suara mesin tiruan ini, VW bukan sekadar bikin. Pabrikan mobil Jerman ini bahkan berkolaborasi dengan komposer dan produser musik ternama Leslie Mandoki.

“Suara kendaraan listrik menentukan identitasnya. Suara harus yakin diri dan menyenangkan. Ini mungkin terdengar futuristik dan juga harus mengesankan dengan karakternya yg unik,” kata Frank Welsch, Chief Development Officer of Volkswagen Passenger Cars.
Sumber: http://teknologi.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca

No More Posts Available.

No more pages to load.