Volvo Kembali Gelar Ajang Adu Kebolehan Supir Truk

oleh -87 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Setelah melalui tahapan kualifikasi di Alam Sutera, Serpong-Tangerang, terpilihlah 10 orang pengemudi truk terbaik dari semua Indonesia yg mengikuti kompetisi Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2019.

Ajang tahunan yg diselenggarakan produsen kendaraan yang berasal Swedia ini yaitu kegiatan yg ditujukan sebagai apresiasi buat para pengemudi dari perusahaan yg selama ini menjadi pengguna dari produk Volvo Trucks Indonesia.

Bersama PT Wahana Inti Selaras, Volvo Trucks Indonesia sudah menyelenggarakan kompetisi ini sejak tahun 2007. Dan selama 12 tahun ajang ini berlangsung, Volvo terus bergantian memilih 20 orang pengemudi dari 10 perusahaan.

Selain bertujuan lebih memberikan apresiasi kepada pengemudi truk, Volvo juga memperkuat edukasi mulai pentingnya keahlian dan kompetensi untuk pengemudi.

Banyak faktor keuntungan yg didapat perusahaan apabila para pengemudinya –dalam hal ini pengemudi truk– memiliki skill dan pengetahuan yg cukup. Selain faktor keselamatan, pelayanan, yg terpenting adalah efisiensi penggunaan bahan bakar (fuel).

“Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge mengumpulkan berbagai tantangan yg biasa dihadapi pengemudi truk setiap hari. Keahlian mereka seringkali menjadi faktor penentu untuk produktivitas dan profitabilitas pelanggan kami. Pengemudi juga memiliki kontribusi besar pada keselamatan jalan,” kata Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras (INDOMOBIL Grup), importir yg ditunjuk Volvo Trucks sebagai pemegang lisensi penjualan di Indonesia.

“Dengan mengadakan kegiatan ini, kita menegaskan kembali pengamatan kalian tentang bagaimana pengemudi lokal kalian sangat mahir dalam melakukan tugasnya dengan baik dalam mengendarai truk mereka,” imbuhnya.

Ke-10 finalis yg sebelumnya mengikuti kompetisi dalam beberapa medan jalan, yakni offroad dan onroad, mengendarai dump truck Volvo FMX 400 6X4R dan FMX 480 6X4T semi-trailer dengan panjang lintasan sejauh 5 km yg sudah dibagi menjadi beberapa sisi; sisi luar berfokus pada efisiensi bahan bakar dan sisi dalam menekankan pada keterampilan mengemudi dimana pengemudi harus bermanuver menaklukan sejumlah rintangan.

“Mengemudikan kendaraan berat memerlukan keterampilan, tapi mengendarainya dengan efisien yaitu seni. Volvo Trucks Driver Challenge bertujuan buat menarik perhatian tentang pentingnya pekerjaan yg dikerjakan oleh pengemudi truk kita. Secara global, jumlah pengemudi terlatih cukup sedikit dan kalian berharap bahwa melalui kegiatan ini, kami bisa meningkatkan peran pengemudi truk bagi mempromosikan kebanggaan profesional dalam industri, serta juga bagi menunjukan pentingnya efisiensi berkendara pada pelanggan kita.” papar Jurn Terpstra, Direktur Volvo Trucks Indonesia.

“Keterampilan dan efisiensi mengemudi memiliki dampak segera pada profitabilitas mereka,” tambah dia.

Kriteria penilaian diberikan berdasarkan efisiensi bahan bakar, kemampuan manuver, dan keamanan. Pemenangnya adalah pengemudi dengan poin gabungan tertinggi dari sisi luar maupun sisi dalam.

Pada akhirnya, (nama pemenang) yg membawa pulang gelar juara, nantinya mulai melakukan perjalanan ke Gothenburg, Swedia –rumah dari Volvo Trucks– di bulan November bersama dengan pemenang lainnya dari segala dunia.

Volvo menobatkan pengemudi bernama Hermansyah menjadi pemenang Volvo Trucks Driver Challenge 2019. Perwakilan dari PT Mandiri Herindo Adiperkasa ini berhak mendapatkan hadiah piala dan juga perjalanan ke markas Volvo di Gothenburg, Swedia, pada November 2019.

“Saya merasa beruntung sekali, karena segala peserta yg ikut di putaran final ini adalah pengemudi-pengemudi yg memang andal dan berstatus terbaik di Indonesia. Mereka juga telah terbukti menjadi aset berharga perusahaan masing-masing karena telah menjadi motor buat efisiensi perusahaan,” ujar Hermansyah, sang juara.

Selain Hermansyah yg dinobatkan sebagai juara pertama, Irvan Ardianto dari PT Karunia Armada Indonesia, Kalimantan Timur berhasil meraih juara kedua dan Catur Andoko dari PT Hasnur Riung Sinergi, Kalimantan Selatan berhasil menjadi juara ketiga.
Sumber: http://teknologi.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca

No More Posts Available.

No more pages to load.