Vietnam Habiskan Rp165 Triliun Untuk Impor Mobil

oleh -121 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Hanoi – Vietnam sudah mengimpor 528.200 unit mobil secara completely built-up (CBU) senilai US$11,7 miliar atau sekitar Rp165 triliun selama 2011-2017.

Mengutip Xinhua, Departemen Bea Cukai Vietnam menyampaikan dari angka tersebut, sebanyak 236.520 unit mobil adalah tipe mobil penumpang di bawah sembilan kursi yg bernilai sekitar US$3,1 miliar.

Dalam tujuh tahun terakhir, Vietnam menjadi pasar penting dari negara-negara produsen mobil di Asia, seperti India, Korea Selatan, Thailand, dan Indonesia.

Thailand dan Indonesia bahkan semakin banyak mengekspor mobil ke Vietnam berkat penghapusan tarif pada unit-unit yg diproduksi sepenuhnya dari negara-negara ASEAN.

Kendati pada akhir 2017 Pemerintah Vietnam mengeluarkan aturan yg membatasi impor otomotif, namun produk otomotif Indonesia mampu kembali masuk ke Vietnam setelah pembicaraan pada Sidang Komisi Bersama (SKB) ke-3 Indonesia-Vietnam di Hanoi pada bulan lalu.

Tingkat kandungan lokal pada mobil yg dibuat di Thailand dan Indonesia pun telah cukup tinggi, yakni lebih dari 80 persen, sedangkan Vietnam baru 7-10 persen, kata Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Vietnam.

Xinhua melaporkan, dalam empat bulan pertama tahun ini, Vietnam mengimpor produk otomotif yg dibuat sepenuhnya antara yang lain mobil, truk dan bus, serta komponen perakitan senilai hampir US$1,2 miliar atau turun 32,2 persen pada tahun ini.
Sumber: http://teknologi.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca