Tim Toyota Makin Dekat Dengan Gelar Juara Nasional

oleh -44 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Semarang – Performa terbaik dari para pembalap Toyota Team Indonesia (TTI) yg memakai Toyota Agya dalam berkompetisi di seri kelima ajang kejuaraan nasional (kejurnas) MLD SPOT Auto Gymkhana 2019, berhasil mengamankan posisi TTI sebagai pemuncak klasemen sementara di beberapa kelas paling bergengsi merupakan kelas A dan F (modifikasi).

Torehan prestasi yg diraih oleh para pembalap ini semakin mendekatkan tim TTI dengan gelar juara nasional di 2019 ini yg menyisakan beberapa seri lagi bagi dimenangkan.

Semangat buat senantiasa menjadi yg terbaik di setiap ajang motorsport kembali ditunjukkan pembalap TTI. Baik pembalap senior seperti Anjasara Wahyu dan Adrianza Yunial, maupun pembalap muda seperti Herdiko Setyaputra dan Sabrina Sameh, bisa menjaga konsistensi buat tetap tampil prima dan kompak dalam membukukan waktu terbaik.

Bertempat di Sirkuit Tawang Mas PRPP, Semarang, Jawa Tengah, pada Sabtu minggu dahulu (5/10/2019), Adrianza Yunial berhasil meraih juara pertama di kejurnas kelas F (modifikasi) dengan catatan waktu tercepat 00:42.783 setelah bersaing ketat dengan rekan sesuatu timnya Anjasara Wahyu di posisi kedua dengan catatan waktu 00:43.139.

Hasil baik di kejurnas kelas F (modifikasi) ini pun dilengkapi oleh pembalap muda TTI Herdiko Setyaputra yg berhasil mengamankan posisi keempat dengan catatan waktu 00:43.700.

Adrianza menyebut bahwa hasil baik yg diraihnya pada seri kelima kejurnas MLD SPOT Auto Gymkhana 2019 ini yaitu hasil kerja keras tim TTI dalam menemukan konfigurasi mesin dan suspensi yg tepat pada Toyota Agya agar semakin mumpuni buat diajak berkompetisi, terutama di kelas F (modifikasi).

“Karakter sirkuit di Semarang ini sudah membuat kalian sebagai pembalap dan tim bekerja keras buat menemukan setting mesin dan suspensi yg terbaik buat Agya. Untung saja Agya memiliki performa dasar yg lengkap, daya tahan yg kuat, dan gampang bagi dimodifikasi sehingga semakin mumpuni dalam melawan mobil-mobil lainnya, terutama di kelas modifikasi dimana banyak mobil yg memiliki power lebih besar,” ujar dia.

“Saya sangat bersyukur bisa meraih juara 1 di seri kelima ini. Terima atas kerja keras yg tim telah lakukan dan atas dukungan penuh dari Toyota-Astra Motor (TAM). Saya mulai berusaha bagi menjaga hasil baik ini di beberapa seri berikutnya,” imbuh Adrianza.

Tampil memakai Toyota Agya di kejurnas kelas A pada seri yg sama, Adrianza juga berhasil meraih juara kedua dengan catatan waktu tercepat 00:45.199 dan disusul oleh Anjasara yg menempati posisi kelima dengan catatan waktu terbaiknya 00:45.431.

Hasil baik ini tidak cuma semakin mengokohkan TTI sebagai tim pemimpin klasemen sementara di kejurnas kelas F (modifikasi) dan kelas A pada ajang MLD SPOT Auto Gymkhana 2019, namun juga memperbesar peluang tim TTI buat mempertahankan gelar sebagai juara nasional yg diraih pada tahun lalu.

“Kami bersyukur atas terjaganya konsistensi dari performa yg ditunjukkan oleh para pembalap dan tim TTI, sehingga mampu selalu meraih prestasi terbaik dan mempertahankan puncak klasemen sementara hingga seri kelima kejurnas MLD SPOT Auto Gymkhana 2019 ini. Kami harapkan para pembalap dan tim TTI mampu menjaga fokus serta kekompakkan bagi memenangkan beberapa seri berikutnya sehingga mampu meraih kembali gelar juara nasional di 2019 ini,” kata nton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM.

Sementara buat kelas non kejurnas, dominasi pembalap TTI juga tidak terbendung. Pada kejuaraan Kelas A3, Adrianza pun sukses menjadi juara pertama dengan waktu tercepatnya 01:30,934, diikuti Anjasara sebagai runner-up dengan catatan waktu 01:31.404, dan Herdiko Setyaputra di posisi keempat dengan catatan waktu 01:33,186.

Pembalap wanita satu-satunya di team TTI Sabrina Sameh, juga berhasil menempati urutan kelima dengan catatan waktu 01:43.005 di kelas kategori wanita.

“Terima kasih kita ucapkan kepada tim TTI dan para pembalapnya atas kerja keras dan kekompakkan yg sudah dibangun dalam upaya bagi menghasilkan hasil terbaik secara konsisten hingga seri kelima ajang kejurnas slalom MLD SPOT Auto Gymkhana 2019 kali ini. Tak cuma sekedar ingin kembali meraih gelar juara nasional di tahun 2019 ini, kita juga ingin TTI menjadi tim yg senantiasa diperhitungkan dalam setiap ajang balap nasional. Hal ini sejalan dengan komitmen Toyota buat mengembangkan dan memajukan dunia motorsport Indonesia,” kata Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM.

Tak cuma berhasil memenangkan seri balapan domestik, Toyota bersama GAZOO Racing juga memenangkan beberapa ajang balap bergengsi tingkat dunia, FIA World Rally Championship (WRC) dan FIA World Endurance Championship (WEC), secara bersamaan pada Senin kemarin (7/10/2019).

Pada ajang FIA World Endurance Championship (WEC), Toyota GAZOO Racing yg yaitu tuan rumah berhasil mempertahankan rekor dengan menyapu bersih posisi juara pertama dan kedua di Sirkuit Fuji Speedway di Oyama, Shizuoka Prefecture, Jepang, setelah melalui balapan ketahanan selama enam jam.

Menggunakan Toyota TS050 Hybrid #8, pembalap Sebastien Buemi, Kazuki Nakajima, dan Brendon Hartley berhasil mempertahankan posisi pertama setelah berhasil meraih pole position pada sesi kualifikasi. Kemenangan di Fuji Speedway ini adalah kali ketujuh buat para pembalap Toyota dalam kurun waktu 8 tahun terakhir.

Sementara pembalap Toyota GAZOO Racing lainnya yg memakai TS050 Hybrid #7 merupakan Mike Conway, Kamui Kobayashi, dan Jose Maria Lopez berhasil mengamankan posisi kedua.

Hasil baik dari kedua tim #8 dan #7 ini sudah membuat tim Toyota GAZOO Racing memimpin klasemen sementara dengan 35 poin lebih banyak dari tim Rebellion.

Selain itu, pada ajang FIA World Rally Championship (WRC), pembalap unggulan Toyota GAZOO Racing Ott Tanak berhasil meraih poin maksimal di Rally GB dengan mengamankan kemenangan keenam di musim balap tahun ini dengan memakai Toyota Yaris WRC dalam meraih waktu tercepat ketika melalui Power Stage.

Raihan positif ini disusul oleh rekan sesuatu timnya Kris Meeke yg berhasil mengamankan posisi keempat, sehingga tidak mengurangi 8 poin yg cukup signifikan untuk Toyota GAZOO Racing World Rally Team buat mampu memenangkan Manufacturers' Championship.

[ikh]
Sumber: http://teknologi.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca