Tahap Perbaikan Motor Yang Terendam Air Laut

oleh -47 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

 

JAKARTA, – Proses pemulihan kondisi di wilayah bencana tsunami Banten, sampai ketika ini selalu dilakukan. Masyarakat yg kehilangan harta benda, akan mengumpulkan dan memperbaiki sedikit demi sedikit dari nol harta benda yg terdampak bencana alam tersebut.

Salah satunya termasuk sepeda motor yg terdampak. Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno mengungkapkan proses perbaikan sepeda motor yg terendam air ada dua tahap.

“Sudah pasti mulai di cek lalu bagian mana saja yg rusak. Perlakuan pengecekan sama baik motor sport, bebek dan skutik,” ucap Endro ketika dihubungi Kamis (27/12/2018).

Khusus buat skutik, pemeriksaan dikerjakan dengan membuka segala komponen CVT. Motor harus dicuci terlebih dulu sampai ke bagian dalam sebab dalam perkara tsunami, air laut mampu menyebabkan penimbunan kotoran dan kerak di bagian dalam.

Baca juga: Kendaraan Korban Tsunami Jadi Fokus Ditlantas Polda Banten

“Dibuka seluruh covernya, dicuci bersih, dikeringkan. Baru di cek segala soket sambungan kabel dan bersihkan. Berikan cairan anti karat,” ucap Endro.

Pembersihan ini juga termasuk mengeringkan tangki bahan bakar serta oli mesin. Tidak disarankan bagi memakai cairan yg telah pernah terendam air.

Pengecekan komponen kelistrikan diantaranya adalah alternator, ECM, dan relay. Satu per sesuatu dicek bagian-bagiannya.

“Semua cairan di motor harus ganti, berjaga-jaga buat bekerja dengan baik. Semua komponen dilepas dan diperiksa apakah ada airnya atau tidak. Pengerjaan cepat atau tak tergantung ketersediaan part yg dibutuhkan,” ucap Endro.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112'); });

Sumber: http://otomotif.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca