Salah Kaprah Pemahaman Ganti Dan Kuras Oli Transmisi Otomatis

oleh -54 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta, — Ganti dan kuras oli mobil transmisi otomatis yaitu beberapa macam pekerjaan yg berbeda.

Alat, proses, dan part atau suku cadang yg dibutuhkan juga berbeda. Bahkan biaya yg dikeluarkan memiliki perbedaan yg signifikan.

Baca juga: Yamaha Diam-diam Kirim MT-15 ke Diler

“Untuk proses ganti oli, baik transmisi otomatis model konvensional maupun CVT biasanya dibutuhkan oli 3 liter hingga 4 liter. Sedangkan bagi kuras oli mampu 12 liter. Prosesnya juga memakan waktu yg lama,” kata Hermas Prabowo dari bengkel transmisi Worner Matic.

Ilustrasi Transmisi CVT.Autoblog.com Ilustrasi Transmisi CVT.

Kenapa beda? Ganti oli itu cuma mengganti oli matik yg ada di ruang karter (bak penampungan oli).

Sedangkan proses kuras adalah mengeluarkan atau mengganti segala oli yg ada di semua sistem transmisi. Untuk itu dibutuhkan oli yg lebih banyak.

Jarak tempuh

Ada pemahaman bahwa proses ganti oli itu dikerjakan berkala setiap mobil sudah menempuh jarak 15.000 km. Sementara buat kuras oli dikerjakan setiap 50.000 km.

Baca juga: Daftar Harga Terbaru pada Segmen MPV Sejuta Umat

Pemahaman tersebut sebenarnya kurang tepat menurut Hermas. Jika rajin melakukan pernggantian oli matik sesuai waktunya, maka tak perlu kuras oli.

Otomotif Inilah program dari #OtoLive yg LIVE di Facebook setiap Rabu Pkl. 15.00 WIB. PUNYA MOBIL MATIC TUH GAMPANG-GAMPANG SUSAH …

Sebab, oli yg berada di dalam transmisi terus diperbarui dan milik performa pelumasan yg baik.

Kuras dikerjakan seandainya keadaan oli transmisi telah tidak lagi mampu melumasi dengan baik. Biasanya muncul gejala-gejala penurunan performa pada transmisi.

Misal, lanjut Hermas, ada keterlambatan ketika proses shifting (pergantian gigi). Bisa juga muncul suara dengung.

Baca juga: Bocoran Harga Yamaha MT-15

“Selama pengguna rajin melakukan ganti oli maka tidak perlu menguras oli. Paling utama adalah rajin melakukan perawatan berkala dan ganti oli,” kata Hermas.

Waktu kerja

Ada hal perlu diluruskan lagi, Hermas menuturkan, penggantian oli transmisi ketika ini tak dapat lagi bergantung pada jarak tempuh.

Proses mengganti oli transmisi otomatisOtomania/Setyo Adi Proses mengganti oli transmisi otomatis

“Melihat keadaan kemacetan dulu lintas yg parah ketika ini, patokan jarak tempuh rasanya telah tak relevan lagi. Misal, bagi menempuh jarak 10 km biasanya ditempuh dalam waktu 20-30 menit, tetapi pada kenyataannya ketika ini dapat sejam atau lebih. Kalau hitungan normal waktu kerja, dalam 1 jam itu mobil mampu menempuh lebih dari 10 km,” ucap Hermas.

Untuk itu, ia menyarankan proses ganti oli tidak lagi memakai tolok ukur jarak buat pengguna yg kerap menghadapi kemacetan dulu lintas.

“Yang biasanya ganti oli matik 10.000 km, dengan keadaan kemacetan dan waktu kerja komponen yg lebih lama sebaiknya dipercepat menjadi 7.000 km atau 8.000 km,” kata dia.

Hal itu dikerjakan bagi memperkecil kemungkinan penurunan performa transmisi matik dan juga kuras oli.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112'); });

Sumber: http://otomotif.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca