Pameran Modifikasi Akbar IMX 2019 Resmi Dibuka

oleh -63 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto resmi membuka Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (28/9/2019).

Ajang pameran modifikasi terbesar di Tanah Air yg mulai berlangsung hingga besok, Minggu (29/9/2019) ini yaitu event yg digagas National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) dengan tujuan mengerakkan dan menggairahkan industri modifikasi Indonesia.

“Kami senang seandainya pada akhirnya pelaku modifikasi memiliki expo-nya sendiri yg konsisten berjalan dari tahun ke tahun. Sehingga melalui IMX ini, kita berharap semakin banyak merek-merek lokal yg yakin diri menampilkan produknya. Selain itu semoga pelaku modifikasi Tanah Air mulai semakin terasah kemampuannya dalam soal kualitas, safety yg memenuhi standar internasional. Pada gilirannya nanti, modifikasi Indonesia dapat menjadi komoditas ekspor yg menguntungkan,” kata Airlangga Hartarto dalam sambutannya.

Sejak gelaran perdananya di tahun lalu, Kementerian Perindustrian terus mendukung IMX sebagai salah sesuatu pendorong perkembangan dunia otomotif Tanah Air.

Melalui aktivasi AMMDes Digimodz yg dihelat dua waktu lalu, Kemenperin dan PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) selaku produsen AMMDes menunjuk IMX sebagai lokasi pengumuman sekaligus memperlihatkan karya pemenang dari kompetisi modifikasi digital tersebut.

Karya AMMDes dengan konsep mini mixer truck buatan Dandung Prasojo dari Banyuwangi, Jawa Timur sudah dipilih juri sebagai pemenang kompetisi AMMDes Digimodz.

Konsep tersebut dinilai kuat dan mampu sangat berguna seandainya di-develop pada AMMDes bagi pembangunan jalan dan bangunan di pedesaan dengan kawasan yg tidak mungkin dimasuki truck ‘molen' berukuran besar.

Tahun kedua ini, IMX mencatat 30 persen lebih banyak exhibitor dari dalam dan luar negeri. Khusus tenant luar negeri yg berpartisipasi di IMX 2019 di antaranya adalah rumah modifikasi Rywire Motorsport Electronics dari AS, tuner JDM Yard dari Australia, penyelenggara Osaka Automesse dari Jepang, majalah modifikasi Super Street dari AS, brand velg SSR dari Jepang, serta legenda kustom kulture Mooneyes yang berasal Jepang.

Shige Sunaguma selaku pemilik Mooneyes yg juga dianggap sebagai ‘The Godfather of Japanese Custom Scene' menyempatkan tiba ke IMX 2019 sebagai bagian dari rangkaian kegiatannya di Indonesia.

Inilah pertama kalinya Sunaguma menyapa penggemar modifikasi melalui IMX, dan merespons positif adanya expo modifikasi di Tanah Air. Dia pun berharap ranah custom mobil di Indonesia selalu bertumbuh dan berkembang seperti di Jepang dan AS.

Produk Terbaik dengan Harga Terbaik

Setiap tenant produk dan jasa aftermarket di IMX 2019 memiliki program promosi buat para pengunjung. Mulai dari produk busi, karpet mobil, sticker, car cover, lampu, audio, velg, air suspension, kaca film, body kit, sampai car detailing memberikan harga terbaiknya dalam beberapa hari penyelenggaraan IMX 2019.

Selain itu, terdapat juga dukungan Tokopedia yg mulai memberikan kemudahan dan keuntungan berbelanja melalui program cicilan 0 persen serta ratusan cashback voucher.

“Dalam setiap penyelenggaraan IMX, kita ingin terus memanjakan pengunjung yg tiba tidak cuma dengan konten acara yg menarik, tapi juga lewat program penjualan produk terbaik yg dapat didapatkan dengan harga terbaik. Apalagi pengunjung sekaligus berkesempatan mendapatkan produk modifikasi terbaru yg dirilis hari ini,” ujar Andre Mulyadi, Project Director IMX yg juga yaitu founder NMAA.

Pada hari pertama penyelenggaraan IMX 2019, dua produk, kolaborasi, dan karya modifikasi dirilis ke pasaran, di antaranya:

1. Kolaborasi Datsun Indonesia dengan brand legenda kustom kulture Mooneyes membuat Datsun GO edisi khusus,
2. AMMDes 1:1 berkonsep mini mixer truck hasil karya pemenang kompetisi digital AMMDes Digimodz,
3. Mobil modifikasi Lamborgini Aventador dengan produk lokal KARMA Bodykit,
4. Daihatsu Terios dan Mitsubishi Xpander dengan produk lokal Garuda Bodykit,
5. Honda HR-V modifikasi di booth Honda Indonesia yg berkolaborasi dengan influencer Kiki Anugraha,
6. Peluncuran produk velg lokal Avantech macam beadlock buat penyuka tampilan off-road,
7. Peluncuran merek velg aftermarket lokal Torsion Wheel dengan desain-desain yg atraktif,
8. Produk lampu LED RS300 Autovision yg memiliki tiga warna,
9. Produk radiator coolant Prestone dengan tutup biru dengan formula dan keunggulan yg lebih baik,
10. Penampilan perdana Suzuki New Carry Pick Up dengan gaya yg lebih macho,
11. Kopdar akbar ratusan komunitas mobil dari semua Indonesia.

Konten Spesial

Selalu ada konten-konten spesial pada tiap penyelenggaraan event, tidak terkecuali di IMX tahun ini. Misalnya, NMAA TOP 50 yg yaitu kumpulan mobil terbaik hasil kurasi yg tahun ini menyajikan karya modifikasi lebih beragam dan advanced.

Lalu ada Toyota Land Cruiser 40 Series yg dimasukkan mesin modern LS V8 buatan General Motors. Lainnya ada sebuah Honda S2000 yg dibangun secara detail dengan kit Spoon Sports.

Selain itu, sebuah MINI Countryman dimodifikasi dengan fitment roda maksimal memanfaatkan velg dan ban super lebar. Kalau belum cukup, ada pula mobil hatchback Suzuki Swift dengan komponen JDM, atau Honda Brio bergaya VIP.

Kegiatan yang lain adalah Garage Sale produk aftermarket berkualitas yg bahkan telah sejak pagi diserbu pengunjung. Sementara itu, pengunjung juga mampu membeli merchandise resmi IMX 2019 berupa t-shirt dan hoodie edisi terbatas di booth yg disediakan dengan harga khusus.

Untuk pengunjung yg membawa anak, booth Indonesia Diecast Expo (IDE) menyajikan kegiatan balap diecast dengan hadiah-hadiah menarik bagi para pemenang.

Keseruan fun competition ini terbilang menyita perhatian karena bagi berpartisipan, pengunjung cukup mendaftarkan nama anak dan diecast balapnya telah disediakan panitia.

Konten berikutnya adalah meet and greet sekaligus unveiling tiga Datsun GO T-Active modifikasi punya influencer MotoMobi, Fitra Eri, dan Ridwan Hanif dalam program Datsun Live Modz Challenge 2019.

Ketiganya ditantang buat memodifikasi Datsun GO T-Active sesuai gaya pilihannya masing-masing buat kemudian dinilai para juri dari NMAA sekaligus diumumkan pemenangnya besok hari.

Menariknya tantangan ini berkonsep winner takes all, atau siapapun dari tiga YouTuber tersebut yg dinobatkan sebagai pemenang Datsun Live Modz Challenge 2019 bakal mendapatkan 2 Datsun GO T-Active modifikasi punya lawannya. Artinya sang pemenang mulai bisa tiga unit Datsun GO T-Active modifikasi sekaligus.

IMX 2019 juga membawa misi edukasi dalam tiap penyelenggaraan dengan mengadakan empat sesi talk show yg dibagi dalam beberapa hari. Hari pertama, talk show diadakan bertema ‘JDM Culture in Indonesia' serta ‘Modification Industry Business' yg dibawakan narasumber kompeten di bidangnya dari dalam dan luar negeri.

“Beberapa tuner dan pelaku modifikasi dalam dan luar negeri kita libatkan dalam talk show interaktif ini, sehingga kalian mampu sama-sama belajar dan mendapat wawasan baru soal modifikasi dari sudut pandang lain. Dengan begitu harapannya modifikasi kami mampu ‘naik kelas',” kata Andre Mulyadi.

Selain konten otomotif dan modifikasi, IMX 2019 juga menyuguhkan dua penampil yg menghibur di panggung penting sepanjang hari pertama. Dimulai dari penampilan DJ Kids Lionel, pemenang dua kompetisi DJ anak di Indonesia.

Ada pula band Juicy Luicy yg menghibur dengan lagu-lagu easy listening mereka. Female DJ Diana Dee juga termasuk performer yg mengisi hari pertama IMX 2019 dengan beat-beat mengentak.

Tak ketinggalan, konten Giveaway dan Super Giveaway telah dimulai sejak IMX 2019 hari pertama dibuka. Setidaknya ada tujuh kesempatan pengundian Giveaway dan sesuatu kesempatan Super Giveaway berupa set velg Work Gnosis GN2 19 inci hari ini.

Untuk mendapat kesempatan mendapat hadiah-hadiah produk-produk aftermarket tersebut caranya cukup mudah. Pengunjung tinggal memasukkan potongan tiket Giveaway yg didapat setiap pembelian tiket masuk ke boks yg disediakan panitia. Jika nomor tiketnya disebutkan, pengunjung wajib hadir dan membawa potongan tiket lainnya sebagai bukti.

Yang menarik, seandainya pada hari pertama pengunjung belum berkesempatan memperoleh hadiah Giveaway dan Super Giveaway, maka mulai kembali diundi pada hari kedua. Pada hari terakhir IMX 2019 hadiahnya mulai bertambah besar, dengan puncaknya adalah mendapatkan sebuah Honda All New Brio 2019 ‘Track Day'.

Mobil tersebut adalah unit mobil baru yg dimodifikasi YouTuber modifikasi ternama, Garasi Drift. Alasan Ziko Harnadi dan Dipo Dwiki –dua punggawa Garasi Drift– memilih Honda All New Brio sebagai hadiah Super Giveaway bagi IMX 2019 ini adalah karena sesuai dengan rata-rata pengunjung yg berjiwa muda yg lebih suka mobil kompak, kencang, dengan interior luas, dan fitur komplet.

“Selain itu mobil ini juga yg paling asyik dimodifikasi. Dibuat tampilan ‘Track Day' dengan ubahan yg relatif tidak banyak tapi tampilannya segera keren. Karena itu kalian berharap yg mulai mampu mobil Super Giveaway IMX 2019 adalah mereka yg memang benar-benar suka modifikasi dan menggunakan mobilnya, bukan buat dijual lagi,” harap Ziko dan Dipo kompak. [ikh]
Sumber: http://teknologi.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca

No More Posts Available.

No more pages to load.