Pacu Kualitas SDM, MMKSI Gelar Kontes Nasional

oleh -43 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Seiring semakin baiknya penerimaan masyarakat Indonesia terhadap produk dan brand Mitsubishi Motors, maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pun selalu berusaha bagi meningkatkan kualitas layanan guna memuaskan para pelanggan.

Program dan praktik yg terlaksana dalam keseharian proses bisnis tentu menjadi faktor utama dalam pengalaman, penilaian serta presepsi yg baik dari pelanggan terhadap Mitsubishi Motors di Indonesia.

Tak berhenti disitu, MMKSI selalu mengembangkan potensi dan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan mengadakan National Contest buat segala lapisan tenaga kerja di diler Mitsubishi Motors semua Indonesia, sebagai garda terdepan yg segera melayani pelanggan.

Mengusung tema ‘Ambition to Reach the Top', National Contest 2018 memacu SDM dari diler Mitsubishi Motors di semua Indonesia agar mampu melampaui batas mereka dalam memberikan pelayanan terbaik kepada segala pelanggan. Ambisi ini pun sejalan dengan tagline Mitsubishi Motors, merupakan ‘Drive Your Ambition'.

Kontes ini mulai digelar secara rutin tiap tahun bagi menguji kemampuan para tenaga diler Mitsubishi Motors, yg meliputi unsur layanan penjualan, after sales service dan customer satisfaction.

Kontes ini diadakan dalam dua tahap seleksi selama tahun 2018, dan puncaknya adalah Final National Contest pada tanggal 15-16 Januari 2019.

National Contest 2018 yaitu kontes pertama yg diadakan oleh MMKSI sejak perusahaan ini berdiri, terpisah dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

Adapun kategori yg dilombakan pada kontes ini adalah sebagai berikut:

A. Sales Appraisal Program

Dari sisi layanan penjualan, kategori Sales Appraisal Program (SAP) dalam kontes nasional menjadi agenda tahunan MMKSI bagi memotivasi tenaga penjual akan dari level Sales Force, Sales Supervisor, dan Sales Manager bagi selalu meningkatkan kualitas dan kuantitas penjualan, memberikan kepuasan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan Mitsubishi Motors.

Poin-poin yg dievaluasi dalam kategori SAP bagi tenaga penjual meliputi produktivitas penjualan seorang sales force yg didukung oleh pengetahuan produk yg baik, dan memiliki kemampuan berkomunikasi dalam menjelaskan produk serta memberikan pelayanan yg maksimal kepada segala pelanggan Mitsubishi Motors.

Sedangkan bagi level Sales Supervisor dan Sales Manager aspek evaluasi lebih difokuskan pada kepemimpinan di dalam tim (Team Leadership) serta pencapaian target penjualan (Target Achievement).

Yang menarik di SAP tahun 2018 ini adalah dua tahapan tes telah memakai teknologi e-Learning di mana topik besarnya adalah Mitsubishi Xpander.

B. After Sales Contest

Pada kategori after sales, kontes juga diadakan tiap tahun dengan tujuan bagi memotivasi tenaga kerja after sales buat meningkatkan kemampuan dalam pelayanan sehingga kepuasan pelanggan dalam melakukan aktifitas servis mampu tercapai.

Kontes after sales dibagi menjadi tiga kategori, yakni Technician Contest (diperuntukkan bagi Mekanik Senior), Service Advisor Contest ( ditujukan untuk Service Advisor) dan Periodical Maintenance Contest (diperuntukan buat mekanik junior di diler resmi Mitsubishi Motors).

Nilai yg dievaluasi pada kontes after sales ini juga dibagi menurut tugas masing-masing.

Bagi kontes mekanik atau teknisi mereka harus memiliki keterampilan dan kemampuan dalam menangani servis kendaraan penumpang di diler, sehingga bisa menangani permasalahan yg ada dengan cepat dan sesuai dengan prosedur workshop manual yg ada, juga dapat mempergunakan alat ukur dan ‘MUT III', yg yaitu mesin scanner pada diler resmi Mitsubishi Motors.

Kontes Service Advisor yg ditujukan untuk service advisor, diharuskan memiliki keterampilan dan kemampuan dalam melakukan proses penerimaan hingga penyerahan kendaraan ketika pelanggan melakukan servis di diler.

Dalam proses penerimaan pelanggan ini, seorang service advisor harus menerapkan 7 Step Procedure, yg meliputi kemampuan teknik pelayanan dan konsultan permasalahan pada kendaraan penumpang, dan memiliki jiwa Cross Selling dalam menawarkan produk perawatan kendaraan.

Sehingga pelanggan mendapatkan keterangan yg tepat terhadap perawatan kendaraan pada diler resmi Mitsubishi Motors.

Yang terakhir buat kontes Periodical Maintenance, peserta diwajibkan buat memiliki keterampilan dan kemampuan dalam melakukan proses perawatan berkala pada kendaraan penumpang (periodical maintenance) yg sesuai dengan service booklet, flatrate, dan workshop manual.

Dalam kontes ini yg diharapkan adalah kecepatan kerja serta kualitas yg maksimal dan sesuai dengan standar kerja pada diler resmi Mitsubishi Motors.

C. Customer Satisfaction Officer(CSO) PDCA Contest

CSO PDCA Contest ditujukan buat Customer Satisfaction Officer (CSO) dengan tujuan bagi meningkatkan standar pelayanan di diler melalui CSO yg bertindak sebagai agen perubahan.

Kontes CSO memakai konsep Kaizen (PDCA/ Plan Do Check Action), merupakan penerapan evaluasi dan perbaikan secara terus-menerus.

Pada penerapannya dalam perusahaan, konsep Kaizen mencakup pengertian perbaikan berkesinambungan yg melibatkan semua pekerjanya, dari manajemen tingkat atas sampai manajemen tingkat bawah.

Dalam kontes ini, CSO bertanggung jawab buat membuat analisa dan rencana perbaikan di diler berdasarkan feedback dari pelanggan, menjalankan program tersebut, melaporkan dan mengevaluasi hasil perbaikan yg telah dijalankan.

Nantinya tujuan akhir dari kontes CSO ini adalah buat memperbaiki Standard Operating Procedure (SOP) di diler sehingga mampu meningkatkan produktifitas diler yg berujung pada peningkatan kualitas layanan diler secara berkelanjutan sehingga angka kepuasan pelanggan terhadap pelayanan diler turut meningkat.

Adapun poin evaluasi dalam CSO Contest ini meliputi Kemampuan Analisa yg Baik, Kemampuan Membuat Rencana Perbaikan, Dampak Perbaikan, Kemampuan Berkoordinasi dengan Bagian Terkait di Diler, Output Standarisasi dari Hasil Program Perbaikan, dan Kemampuan Presentasi

“National Contest bagi tenaga sales, aftersales dan CSO Mitsubishi Motors yaitu kegiatan rutin tahunan yg diselenggarakan MMKSI dengan tujuan bagi meningkatkan kualitas layanan dari garda depan diler yg dibangun dengan semangat kompetisi,” kata Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI.

“Dengan kontes ini diharapkan semua lini tenaga diler bisa bekerja sama berkompetisi dalam memberikan layanan terbaik dan tingkat kepuasan yg tinggi buat pelanggan setia produk Mitsubishi Motors di Indonesia,” imbuhnya.

Seluruh proses kontes dan penjurian peserta sudah dikerjakan pada beberapa hari pelaksanaannya. Nama pemenang sudah di umumkan pada akhir sesi kontes dan pemenang pada tiap kategori sudah menerima hadiah yg diserahkan secara simbolik oleh manajemen MMKSI

Para pemenang Sales Appraisal Program menerima hadiah berupa piala dan wisata ke Belanda, pemenang After Sales Contest mendapatkan hadiah berupa piala bergilir, medali, dan wisata ke Jepang.

Sedangkan CSO PDCA Contest mendapatkan hadiah berupa piala, wisata ke Jepang, dan ditambah peralatan pendukung operasional CSO di diler.

– Daftar Pemenang Sales Appraisal Program:

Sales Force
Juara 1: Intan Riyan Sari dari diler PT Suryaputra Sarana – Bandung
Juara 2: Satrio Habibie dari diler PT Sardana Indahberlian Motor- Medan
Juara 3: Melati Rizkyah Amanah dari diler PT Sun Star Motor – Surakarta

Sales Supervisor
Juara 1: Rudi Halim dari diler PT Bumen Redja Abadi Jakarta Selatan
Juara 2: Kusniaty dari diler PT Sardana Indahberlian Motor- Medan
Juara 3: Restu Dian Andriana dari diler PT Sun Star Motor – Surakarta

Sales Manager
Juara 1: Wawan Gunawan dari diler PT Mandau Berlian Sejati – Balikpapan
Juara 2: Yanuar Bambang dari diler PT Wicaksana Berlian Motor – Bandung
Juara 3: Ermayuni dari diler PT Pekanperkasa Berlian Motor – Pekanbaru

– Daftar Pemenang After Sales Contest:

Technician Contest
Juara 1: Chandra Halim dari diler PT Sumber Berlian Motors – Banjarmasin
Juara 2: Handiyana dari diler PT Ciwangi Berlian Motors Jakarta Selatan
Juara 3: Riski Kurniawan S dari diler PT Bumen Redja Abadi – Sidoarjo

Service Advisor Contest
Juara 1: Wendi Suryadi dari diler PT Dahana Berlian Motor – Tasikmalaya
Juara 2: Ari Irwanto dari diler PT Sun Star Motor – Surabaya
Juara 3: Sandy Prasetyo dari diler PT Lautan Berlian Utama Motor Bengkulu

Periodical Maintenance Contest
Juara 1: A. Supriyanto dari diler PT Suryaputra Sarana – Bandung
Juara 2: Iwan Aris S.U dari diler PT Bumen Redja Abadi – Semarang
Juara 3: Elisa Sijabat dari diler PT Nusantara Berlian Motor – Medan

– Daftar Pemenang Customer Satisfaction Officer (CSO) PDCA Contest

Juara 1: Nanni Dewi dari diler PT. Sun Star Motor – Surabaya
Juara 2: Herliyanti dari diler PT. Bosowa Berlian Motor Makassar
Juara 3: Tita Hernita dari diler PT. Sun Star Prima Motor Jakarta Selatan
Sumber: http://teknologi.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca