Monster Jam, Balapan Truk Monster Yang Diperkenalkan Di IIMS 2018

oleh -170 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta, – Penggemar dunia otomotif di Indonesia mungkin masih asing dengan nama Monster Jam. Tidak seperti MotoGP ataupun Formula 1, nama ajang balapan yang berasal Amerika Serikat ini masih asing di telinga.

Tapi tak demikian dengan di negara asalnya. Di negeri Paman Sam, Monster Jam yaitu salah sesuatu tontonan favorit seperti halnya Nascar.

Monster Jam adalah balapan sekaligus pertunjukan “freestyle” truk-truk monster berbobot besar. Balapan ini umumnya diadakan di sebuah stadion.

El Toro Loco, truk monster setinggi 4 meter yg ikut hadir di perhelatan Indonesai International Motor Show (IIMS) 2018Wikipedia El Toro Loco, truk monster setinggi 4 meter yg ikut hadir di perhelatan Indonesai International Motor Show (IIMS) 2018

Pada balapan Monster Jam, trek yg menjadi lintasan truk-truk monster dibuat menyerupai sirkuit motor kros. Ada gundukan tanah sebagai rintangan. Inilah yg dipakai truk monster bagi “jumping” ke udara.

“Truk-truk monster dapat melompat hingga ketinggian 12 meter di udara,” kata Dito, instruktur dari Indonesia Off-Road Federation (IOF) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Dito menyampaikannya kepada para pengunjung pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Lewat IIMS, IOF ingin coba memperkenalkan Monster Jam ke publik Tanah Air.

Guna memeriahkan IIMS, IOF bahkan sampai mendatangkan salah sesuatu truk monster yg ikut pertunjukan Monster Jam, yakni El Toro Loco segera dari Amerika.

Baca juga : El Toro Loco Dibuat dari Mobil Apa?

Antusiasme pengunjung IIMS menyaksikan dari dekat deru mesin El Toro Loco pada penyelenggaraan hari keempat, Minggu (22/4/2018)/Alsadad Rudi Antusiasme pengunjung IIMS menyaksikan dari dekat deru mesin El Toro Loco pada penyelenggaraan hari keempat, Minggu (22/4/2018)

Si “Banteng Gila” ini hadir bersama dengan sang pemilik mobil sekaligus pebalapnya, Dan Evans. Menurut Dan, Monster Jam kini tak cuma mengadakan pertunjukan di kota-kota di Amerika. Tapi akan merambah ke mancanegara, salah satunya Singapura.

Di Negeri Singa itu, pertunjukan Monster Jam sempat dihadirkan di Stadion Nasional Singapura.

“Saat ke Singapura, kalian membawa sampai 12 truk,” ujar pria yang berasal Michigan ini.

Baca juga : Ada Mobil Raksasa Setinggi 4 Meter di IIMS 2018

Pengunjung IIMS 2018 antusias berfoto bersama Dan Evans di depan El Toro Loco pada Minggu (22/4/2018)./Alsadad Rudi Pengunjung IIMS 2018 antusias berfoto bersama Dan Evans di depan El Toro Loco pada Minggu (22/4/2018).

Tidak sembarangan orang mampu menjadi pebalap truk Monster Jam. Menurut Dan, pebalap Monster Jam adalah para pengemudi yg telah lulus kualifikasi di Monster Jam University.

Di tempat tersebut, mereka mulai dites keahlian dan ketangkasannya dalam berkendara. Jika dianggap layak, barulah para calon pebalap diperkenalkan dengan truk monster dan dilatih bagi menjadi freestyler profesional.

“Kalau lolos baru nantinya bisa sertifikat menjadi pengemudi Monster Jam,” pungkas Dan.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112'); });

Sumber: http://otomotif.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca