Mitsubishi Tetap Prioritaskan Pasar Lokal

oleh -213 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Meski telah akan mengekspor mobil MPV Xpander ke pasar internasional, Mitsubishi menegaskan mulai tetap memprioritaskan kebutuhan pasar lokal.

Permintaan tinggi dari konsumen Indonesia membuat pemesan harus sabar menantikan pengiriman unit mobil yg telah dipesan. Pemesanan yg membludak mampu membuat konsumen harus menanti hingga tiga bulan.

“Sebanyak 70 persen produksi ditujukan bagi pasar domestik,” kata CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko seusai peresmian ekspor di IPC Car Terminal, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu lalu.

Mitsubishi berniat tidak mengurangi kapasitas produksi Xpander pada pertengahan 2018 menjadi 10.000 unit per bulan, beberapa kali lipat dari kapasitas produksi awal.

Mobil MPV dengan konten lokal mencapai 67 persen tersebut diproduksi di fasilitas perakitan Mitsubishi Motors di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, yg diresmikan tahun dulu oleh Presiden Jokowi.

“Jumlah konten lokal ke depannya mulai selalu ditingkatkan,” lanjut dia.

Sejak diluncurkan di Indonesia pada Agustus 2017, lebih dari 66.000 unit Xpander dipesan hingga ketika ini. Pada Februari dan Maret 2018, Xpander menjadi mobil terlaris di kelasnya mengalahkan Toyota Avanza yg selama 10 tahun lebih menguasai pasar.

Xpander ketika ini yaitu pemimpin pasar segmen Low MPW di Indonesia dengan angka penjualan wholesales di atas 7.000 unit per bulan, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

Baca juga: Jokowi Resmikan Ekspor Perdana Mitsubishi Xpander

Pada Rabu lalu, Mitsubishi secara resmi mengekspor small MPV Xpander buat pertama kalinya ke pasar internasional dengan pengiriman pertama yg ditujukan ke Filipina. Ke depannya, Indonesia juga mulai mengirim Xpander ke Thailand, Vietnam dan negara yang lain di Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Latin, serta Afrika.

Osamu Masuko menyampaikan dari semua negara tujuan, Filipina adalah pasar terbesar dengan jumlah pesanan 3.000 unit.

“Ekspor menurut rencana dimulai Januari tetapi jumlah permintaan dari Indonesia yg banyak membuat ekspor ditunda hingga akhirnya dimulai sekarang,” ujarnya.

Selain CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko, peresmian ekspor perdana ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Tahun ini, Mitsubishi menargetkan jumlah ekspor 30.000 unit yg diharapkan meningkat seiring berjalannya waktu.
Sumber: http://teknologi.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca