Menjajal Dahsyatnya Performa Daihatsu Ayla Turbo

oleh -80 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Karawang – Sempat mejeng di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, mobil konsep Daihatsu Ayla Turbo kembali dihadirkan oleh Astra Daihatsu Motor (ADM). Menariknya kali ini, mobil bertema Racing Sport Entry Hatchback tersebut dapat dijajal di lintasan balap.

Bertajuk ‘Ayla Turbo Concept Media Test Drive’, dua jurnalis otomotif berkesempatan merasakan segera performa mobil hasil racikan tim R&D Daihatsu Indonesia di trek balap di area Test Course punya ADM di Karawang, Jawa Barat.

Dan hasilnya cukup mencengangkan, mobil mungil ini sanggup diajak berlari sangat kencang.

Modifikasi Ayla Turbo itu memang memiliki perubahan yg signifikan, meliputi mesin, transmisi, exhaust system, bodi mobil, suspensi, roda, dan yg penting adalah penyematan komponen turbocharger, sehingga mobil konsep ini layak uji di sirkuit, serta sesuai dengan standar regulasi yg sudah ditetapkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Tak cuma itu, melalui uji mencoba dan pengetesan mobil yg dikerjakan oleh Daihatsu, Ayla Turbo menghasilkan luapan performa tenaga sebesar 200Hp dengan torsi sebesar 242Nm, serta raihan kecepatan 0100 km/jam yg mampu diperoleh dalam waktu 10,3 detik.

Sebagai bagian tren Turbo Aspirated yg mendunia, Ayla Turbo yg mengambil basis dari New Astra Daihatsu Ayla dengan mesin 1.2L dual VVT-i, dirancang buat memperlihatkan transformasi city car yg praktis dan spacious sehingga menjadi mobil yg sporty dan racy.

Ubahan pada modifikasi styling dan mesin menjadikan Ayla Turbo memiliki performa yg lebih bertenaga. Sebagai mobil konsep Racing Sport, Ayla Turbo juga memiliki sistem pendinginan yg dilengkapi dengan oil cooler buat menghindari suhu pelumas yg terlalu panas.

Berbeda dengan versi standarnya, Ayla Turbo dilengkapi dengan velg 15-inci sehingga handling ketika bermanuver pada kecepatan tinggi lebih stabil, tanpa mengurangi tenaga.

Selain itu, Ayla Turbo dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang yg dibuat lebih rigid bagi meningkatkan stability dan mencegah terjadinya body roll.

Dan terbukti, mobil ini tetap stabil meskipun diajak bermanuver dengan kecepatan tinggi di lintasan balap.

“Sebagai ajang pembuktian kemampuan tim R&D Daihatsu Indonesia, maka mobil konsep Ayla Turbo ini mampu menjadi inspirasi buat pelanggan, dan penggemar modifikasi, bahwa mobil Daihatsu mampu memenuhi hasrat modifikasi yg maksimal,” ujar Pradipto Sugondo, R&D Executive Officer ADM.

Meski demikian, pihak ADM belum memiliki rencana dalam waktu dekat bagi menjadikan Ayla Turbo sebagai mobil produksi massal.


Sumber: http://teknologi.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca