Lagi Murah, Waktu Yang Tepat Beli Avanza-Xenia Seken

oleh -307 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta, – Harga Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di pasaran mobil bekas dilaporkan kini sedang mengalami penurunan harga. Kondisi ini dinilai momentum yg tepat untuk calon konsumen yg ingin mencari mobil bekas dengan harga murah.

Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih mengatakan, penurunan harga seken Avanza dan Xenia di pasaran mobil bekas mencapai 20-30 persen. Sebagai contoh, Herjanto menyebut seandainya dahulu harga jual Avanza Veloz tahun 2015 masih dapat mencapai angka Rp 180 juta hingga Rp 190 juta. Namun kini maksimal cuma di angka Rp 170 juta. 

Menurut Herjanto, menurunnya harga jual Avanza dan Xenia terjadi pasca munculnya Wuling Confero S dan Mitsubishi Xpander. Jika memiliki dana yg hampir menyamai harga baru Confero S ataupun Xpander, konsumen mobil bekas disebut cenderung mulai membeli kedua mobil tersebut ketimbang Avanza dan Xenia seken.

Baca juga : Xpander dan Wuling Rusak Harga Avanza-Xenia Bekas

Mitsubishi Xpander.Istimewa Mitsubishi Xpander.

“Veloz 2015 dijual dengan harga Rp 170 juta. Banyak yg beralih ke MPV terbaru,” kata Herjanto di Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Confero S dan Xpander adalah beberapa produk yg diluncurkan dalam periode waktu yg sama. Keduanya sama-sama bermain di segmen yg sama dengan Avanza dan Xenia, yakni low multi purpose vehicle (LMPV). Harga tiga varian Confero S dijual pada kisaran harga Rp 130 juta hingga Rp 160 juta. Sedangkan enam varian Xpander dijual pada kisaran harga Rp 190 juta hingga Rp 250 juta.

Wuling Confero S.Ghulam/Otomotif Wuling Confero S.

Herjanto menilai pemilik Avanza-Xenia adalah pihak yg paling dirugikan dengan kehadiran Confero S dan Xpander. Selain tentunya produsen dari kedua mobil tersebut. “Yang milik mobil itu (yang dirugikan karena) karena harganya turun. Bursanya terganggu enggak? enggak. Kita belinya murah juga,” kata Herjanto.

Avanza dan Xenia yaitu produk kolaborasi Toyota Astra Motor (TAM) dan Astra Daihatsu Motor (ADM). Saat dikonfirmasi mengenai penurunan harga Avanza dan Xenia di pasaran mobil bekas, Excecutive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto tak mau banyak berkomentar. “Saya belum dengar keterangan apa-apa ya. Karena kalian kan bukan penjual mobil bekas,” kata Soerjo.

Sementara itu, Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra menyampaikan produsen tak dapat ikut campur tangan terkait turunnya harga jual kembali sebuah produk. Sebab harga yg berlaku di pasar mobil bekas ditentukan oleh mekanisme pasar.

“Itukan market ya, istilahnya harga jual mobil bekas yg menentukan demand and supply. Jadi tak mampu dikuasai atau dikontrol. Tergantung pasar,” kata Amelia.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112'); });

Sumber: http://otomotif.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca