Kia Keluar Dari Gaikindo

oleh -141 Dilihat

Banyumas Raya

JAKARTA, – Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) Kukuh Kumara menyatakan bahwa PT Kia Mobil Indonesia (KMI) tak lagi terdaftar sebagai anggota. Hal tersebut disebabkan ada kewajiban yg tak dipenuhi dalam dua bulan terakhir.

Kukuh menjelaskan bahwa sebagai anggota setiap merek wajib menyetorkan data penjualan per bulan dan juga mengenai administrasi.

“Jadi sejak dua bulan ini telah tak lagi anggota. Sejak itu pun kalian telah mengirimkan surat kepada Kia dan hasilnya sesuai dengan kesepakatan,” kata Kukuh ketika dihubungi , Rabu (18/7/2018).

Bila merujuk pada data wholesales Gaikindo, Kia memang dalam enam bulan pertama 2018 ini cuma tiga bulan mengirimkan angka penjualan, merupakan akan Januari-Maret, sedangkan April-Juni tak tercantum adanya aktivitas penjualan.

Baca juga: Ini Hak dan Kewajiban Menjadi Anggota Gaikindo

Meski begitu, General Manager Business Development PT Kia Mobil Indonesia (KMI) Harry Yanto menyampaikan bahwa selama semester pertama terutama setiap bulan terus ada penjualan, karena kalau tak diler tak mampu memutarkan bisnisnya dengan baik.

“Kalau kita tak setor data, itu benar. Tapi jangan tanya kenapa alasannya. Saya tak mampu jelaskan di sini dan kita harap maklum kalau kita tak mau menjelaskannya secara lebih dalam lagi,” ucap Harry usai peluncuran Kia Grand Sedona Diesel di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Rabu (18/7/2018).

Harry menegaskan bahwa KMI ke depan mulai kembali lagi seperi biasa (menyetor data penjualan kepada Gaikindo). Namun kapan waktu tepat dan alasannya kenapa sekali lagi dia tak mau menjelaskan secara terperinci kepada awak media.

Baca juga: Konfirmasi Resmi Mercy Indonesia Soal Keanggotaan di Gaikindo

“Kasusnya bukan seperti Mercedes-Benz, sulit kalau omongan aku dikutip dalam keadaan seperti ini. Kami cuma mampu pastikan kalian mulai kembali seperti biasa lagi pada waktunya,” ujar Harry.

Selain Kia, merek yg juga keluar dari anggota Gaikindo, merupakan Mercedes-Benz Distributor Indonesia (MBDI). Kasusnya sama seperti 2012, merek otomotif yang berasal Jerman itu tak mau membeberkan data penjualan, padahal itu menjadi salah sesuatu syarat mutlak sebagi anggota.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://otomotif.kompas.com
BanyumasRaya.com

No More Posts Available.

No more pages to load.