Kecelakaan Lalu Lintas Marak Terjadi, Ingat Lagi Bekal Berkendara Aman

oleh -72 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

JAKARTA, – Sejak awal September 2019 hingga pertengahan bulan ini, ada banyak masalah kecelakaan dulu lintas yg terjadi.

Mulai dari tabrakan beruntun di Tol Cipularang, pecahnya ban sebuah MPV di Tol Jagorawi hingga membuatnya terguling, sampai tabrakan ‘adu banteng’ truk tangki dengan bus AKAP di Lampung.

Kecelakaan yg terjadi umumnya disebabkan karena faktor kelalaian pengemudi, kemudian berlanjut pada faktor teknis kendaraan. Kedua unsur ini saling terkait dan menjadi sebab kecelakaan yg terjadi belakangan ini.

Bintarto Agung, Presiden Direktur Indonesia Defensive Driving Consulting (IDDC), menyampaikan bahwa berkendara aman dan nyaman tidak cuma didukung keadaan mobil yg prima. Tapi juga harus dilengkapi dengan mental positif ketika berkendara.

Baca juga: Cara Hindari Terlibat Kecelakaan dengan Truk atau Bus

Kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi KM 36+600, Sentul, Kabupaten Bogor, sebabkam tiga orang tewas, Minggu (15/9/2019).Dokumentasi Humas Jasa Marga Kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi KM 36+600, Sentul, Kabupaten Bogor, sebabkam tiga orang tewas, Minggu (15/9/2019).

“Sebagai pengendara yg baik, ada empat pilar keselamatan yg harus diperhatikan. Yang mencakup alertness, awareness, attitude, dan anticipation,” katanya ketika dihubungi (18/9/2019).

Ia menjelaskan, seorang pengemudi harus memiliki kewaspadaan (alertness) dan kesigapan ketika berkendara. Kondisi lingkungan dan medan jalan yg berbeda, butuh pelakuan yg berbeda pula. Sopir dituntut waspada dalam semua keadaan jalan.

“Berjalan di jalan tol dengan di jalan pegunungan sangat berbeda perlakuannya. Di jalan tol ada pagar pembatas yg mencegah mobil masuk ke jalur lain, sementara di jalan pegunungan umumnya berkelok dan sempit, tak ada pagar cuma dibatasi marka jalan,” jelasnya.

Baca juga: Antisipasi Kecelakaan, Sopir Wajib Cek Kondisi Ban dan Rem Kendaraan

Truk yg sebabkan tabrakan beruntun di Cipularang Truk yg sebabkan tabrakan beruntun di Cipularang

Sumber: http://otomotif.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca

No More Posts Available.

No more pages to load.