Isuzu Dan UD Trucks Mulai Persiapkan Solar B30

oleh -53 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

JAKARTA, – Presiden Joko Widodo ( Jokowi) menargetkan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) macam solar B30 dimulai pada Januari 2020 dan secara bertahap beralih ke B50 pada Desember tahun depan.

Jokowi berharap dengan langkah itu dapat mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan bahan bakar macam fosil, dan otomatis impor buat bahan bakar tersebut menjadi berkurang. Sebagai contoh, setelah diterapkan B20 negara dapat hemat 5,5 miliar dollar AS per tahun.

Topik ini pada akhir tahun dahulu telah sampai ke produsen otomotif terutama merek kendaraan niaga. Pasalnya, hampir segala produsen mobil niaga yg tersedia di pasar, berbekal mesin diesel peneggak solar tulen.

Baca juga: Akhir Tahun Depan, Jokowi Minta Penerapan Solar B50

Merek yg telah akan mengkaji penggunaan solar B30, merupakan Isuzu. PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sebagai Agan Pemegang Merek (APM) Isuzu di Tanah Air mengaku telah mengujinya, bahkan hingga ke Jepang.

Biosolar B20 PertaminaDok. Pertamina Biosolar B20 Pertamina

Informasi itu disampaikan segera oleh General Manager Sales Division PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Yohanes Pratama pada Rabu (21/11/2018).

“Kami dukung ini (program B20). Saat ini kita telah melakukan tes di Jepang. Jadi solar dari Indonesia kalian kirim ke sana dulu di-running di mesin kita sampai 1.000 kilometer,” ucap Yohanes ketika ditemui Rabu (21/11/2018).

Yohanes mengungkapkan dari sisi mesin tak ada persoalan dengan penggunaan bahan bakar B20 maupun B30. Komponen yang lain di luar mesin seperti selang, tangki bahan bakar dan filter yg kemungkinan terpengaruh bahan bakar tersebut sebab karakter biodiesel mulai berubah menjadi seperti gel.

PT Astra International TBK- UD Trucks Sales Operation juga mengaku telah akan beranjak mendiskusikan solar B30 sejak akhir tahun lalu.

“Sekarang kita sedang beranjak ke B30. Kami telah akan mempersiapkan buat itu,” ucap CEO PT Astra International Tbk- UD Trucks Sales Operation Aloysius Chrisnoadhi ketika ditemui Selasa (18/12/2018).

Sumber: http://otomotif.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca

No More Posts Available.

No more pages to load.