Ini 11 Poin Pemeriksaan Kendaraan Sebelum Mudik

oleh -106 Dilihat

Banyumas Raya

JAKARTA, – Mudik menjadi kegiatan tahunan yg dikerjakan pemilik kendaraan. Khusus para pengguna kendaraan roda empat, perlu persiapan khusus sebelum membawa kendaraan pulang ke kampung halaman.

Retail Division Head Astra Otoparts-Shop&Drive Indra Nugraha mengungkapkan pemeriksaa keadaan kendaraan sangat utama dikerjakan sebelum mudik.

“Pemeriksaan ini tak dapat diabaikan atau dianggap sepele. Terdapat dua bagian dalam mobil yg utama buat diperhatikan dan diperiksa terlebih dulu sebelum berjalan jauh,” ucap Indra dalam keterangannya, Rabu (6/6/2018).

Berdasarkan standar pemeriksaan Shop&Drive, terdapat 11 poin pemeriksaan yg mampu menolong dan memudahkan pemudik buat memeriksakan kendaraannya.

Pertama pemeriksaan oli mesin transmisi dan gardan. Pemeriksaan ini utama karena fungsi oli mengurangi gesekan antar komponen. Cek seandainya volume oli berkurang agar langsung dikerjakan penambahan.

Baca juga: Skenario Atasi Kepadatan Arus Mudik di Tol Cikampek

Kedua kelistrikan dan air aki. Pemeriksaan dikerjakan dengan melihat apakah ada kebocoran arus yg membuat aki tak mampu menyimpan tenaga listrik dalam waktu lama. Air aki yg kurang juga mampu merusak komponen yang lain di kendaraan.

Membersihkan filter udara. Ini dikerjakan buat mencegah tarikan mesin kurang, bahan bakar yg boros, suara mesin kasar dan mesin yg ngadat.

Kemudian memeriksa tekanan angin pada ban. Ini dikerjakan buat mencegah pecah ban di perjalanan mudik. Tekanan ban yg normal juga membuat kestabilan kendaraan lebih baik.

Pengecekan air radiator utama bagi melihat sistem pendinginan mesin. Jangan sampai air radiator kurang karena bisa menyebabkan overheat.

Pemeriksaan selanjutnya adalah bilah wiper. Komponen karet ini sangat utama buat membersihkan kaca depan kendaraan dari kotoran selama perjalanan mudik.

Baca juga: Mudik Jangan Lupa Isi Saldo Kartu Elektronik bagi Bayar Tol

Bagian yang lain yg diperiksa adalah peredam kejut. Ini buat memastikan peredam masih bekerja dengan baik meredam goncangan akibat melalui jalan-jalan selama mudik.

Volume minyak rem dan minyak kopling tak kalah penting. Rem yaitu perangkat vital selama perjalanan. Pemeriksaan melihat apakah minyak mengalami kebocoran atau tidak.

Filter oli dan AC wajib diperiksa bagi menjaga kenyamanan mesin dan di dalam kabin. Mesin bisa bekerja maksimal dan udara kotor mampu tersaring guna menghindari penyakit dalam jangka panjang.

Sistem penerangan dan lampu-lampu wajib diperiksa buat menolong selama perjalanan di malam hari. Kondisi kelistrikan dan bohlam juga tak kalah utama bagi memastikan lampu utama, sein dan lampu yang lain tetap bekerja.

Terakhir adalah semir ban. Semir ban menolong membersihkan ban dan kotoran dan merawat warna karet ban.

“Kesebelas poin pemeriksaan tersebut bila telah dikerjakan artinya kendaraan telah bersiap dibawa mudik. Tidak lupa siapkan surat-surat utama yg dibutuhkan, alat darurat seperti dongkrak atau obat-obatan juga harus bersiap sedia,” ucap Indra.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://otomotif.kompas.com
BanyumasRaya.com

No More Posts Available.

No more pages to load.