DP Nol Persen Bisa Dilakukan Namun Dengan Catatan

oleh -72 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

JAKARTA, – Rencana penetapan kebijakan uang muka atau down payment (DP) nol persen (alias bebas DP) selalu menjadi isu yg menarik, terutama di perusahaan pembiayaan kendaraan di Indonesia. Rencana yg digaungkan oleh pemerintah melalui Otoritas Jasa Keungangan (OJK) ini diharapkan mampu merangsang pertumbuhan industri kendaraan bermotor.

Namun apakah benar demikian? FIFGROUP yg yaitu salah sesuatu perusahaan pembiayaan ternama di Tanah Air, utamanya roda dua, mencoba menjawab hal ini.

“Sebenarnya pasar roda beberapa ini kan orang beli buat kebutuhan transportasi. Nah DP ini segmennya luas, ada DP besar dan DP kecil. Jadi dengan nol persen ada dua konsumen yg dahulu misal kemampuan baya uang mukanya ada di bawah 10 persen, sekarang mampu beli motor,” ucap Presiden Direktur FIFGROUP Margono Tanuwijaya ketika ditemui minggu lalu.

Margono mengungkapkan seandainya dikatakan mampu menumbuhkan pasar maka dapat dikatakan demikian. Namun ia juga mengingatkan ada risiko dibalik hal-hal baik yg ditawarkan ini.

Baca juga: Toyota Berhati-hati dengan Kebijakan Uang Muka Nol Persen

Pertama dari risiko gagal bayar dari konsumen yg mendapatkan kemudahan tersebut. Kedua, segmen konsumen seperti apa yg layak mendapatkan kemudahan ini, mulai berbeda dengan yg konsumen DP besar dan kecil.

“Kalau DP kecil berarti kolateral LTV (loan to value) mulai tinggi, dapat kredit macet. Konsumen juga berbeda segmennya yg mampu mampu DP nol persen. Kita harus analisis seluruh sebelum menerapkan hal tersebut,” ucap Margono.

Presiden Direktur Toyota Astra Finance, Agus Prayitno juga mengungkapkan kebijakan uang muka nol persen sebenarnya telah dapat diterapkan sejak lama.

“Sejak dahulu bisa, hanya tergantung kesehatan lembaga pembiayaannya dan itu ada syaratnya. Kalau konsumennya bagus (kriteria, catatan dan latar belakangnya), kenapa tak kami berikan. Jadi memang tak semuanya mulai dikasi (DP nol),” ucap Agus di kesempatan yg sama.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://otomotif.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca