Ditangkap Lagi, Ghosn Rayakan Natal Di Tahanan

oleh -38 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Tokyo – Jaksa Jepang pada Jumat (21/12/2018) kembali menangkap mantan bos Nissan, Carlos Ghosn, atas tuduhan baru, dan kemungkinan besar tak mulai dibebaskan sebelum 25 Desember 2018.

Ghosn ditangkap ketika turun dari jet pribadinya di Bandara Haneda, Tokyo, Jepang pada 19 November lalu. Taipan 64 tahun ini semestinya mulai dibebaskan pada Jumat kemarin, setelah pengadilan secara mengejutkan menolak tuntutan jaksa penuntut bagi memperpanjang penahanannya lebih lanjut

Tapi bukannya dibebaskan dengan jaminan, Ghosn justru kembali ditangkap pada Jumat atas tuduhan terpisah dari pelanggaran keuangan.

“Terdakwa bertanggung jawab buat mengelola keseluruhan operasi Nissan dan dengan patuh memenuhi perannya sebagai CEO buat tak menyebabkan kerusakan pada Nissan dan anak perusahaannya… tapi dia mengambil tindakan yg mengkhianati perannya dan menyebabkan kerusakan finansial pada Nissan,” kata jaksa penuntut.

Mengutip NHK, jaksa menuduh Ghosn mentransfer kerugian pribadi senilai 1,85 miliar yen, atau sekitar US$16,6 juta, yg dipertahankan dalam krisis keuangan 2008 kepada Nissan. Dia dituding mengalirkan sekitar US$14,7 juta dari dana Nissan ke perusahaan yang lain bagi keuntungannya sendiri. Ghosn pun kembali menyangkal dugaan ini.

Tapi, penangkapan terbaru ini memberikan waktu 48 jam kepada jaksa bagi menanyainya tentang persoalan baru. Berdasarkan hukum Jepang, jaksa kemudian mampu mengajukan perpanjangan baru 10 hari, ditambah 10 hari berikutnya, buat menyelidiki tuntutan baru.

Dengan demikian, besar kemungkinan buat Ghosn buat merayakan Hari Natal di dalam tahanan.

Sumber: http://teknologi.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca