Bocoran Perbedaan Uji Tipe Kendaraan Listrik Dengan Konvensional

oleh -38 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

JAKARTA, – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membuat draf Peraturan Menteri (PM) mengenai uji tipe kendaraan listrik. Hal ini dikerjakan sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden ( Perpres) yg telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (5/8/2019).

Data yg didapat oleh Tim Otomotif, draf PM mengenai uji tipe kendaraan listrik tersebut memiliki dua perbedaan seandainya dibandingkan dengan uji tipe bagi kendaraan konvensional atau kendaraan bermesin pembakaran dalam.

Baca juga: Kendaraan Listrik Wajib Dilengkapi Suara?

“Saya telah membuat draf PM buat uji kendaraan listrik. Sudah harmonisasi di internal. Rencananya bulan depan (terbit),” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, kepada , Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Budi menjelaskan, perbedaan dari uji tipe kendaraan konvensional tak banyak. Hanya saja dijelaskan secara detail tentang kabel dan baterai serta seluruh penunjang lainnya.

Baca juga: Hitung Ekonomis Pakai Motor Listrik

Tentunya, selain harus memenuhi ketentuan uji persyaratan teknis dan laik jalan, uji tipe kendaraan listrik juga mulai dikerjakan pengujian terhadap unjuk kerja akumulator listrik (baterai), perangkat elektronik pengendali kecepatan, dan alat pengisian ulang energi listrik.

Isi dari draf PM mengenai uji tipe kendaraan listrik ini juga banyak berkonsentrasi pada kelistrikan, seperti kabel-kabel, isolator, dan akumulator, serta bagaimana kelistrikan tersebut tak terjadi kontak segera dengan penggunanya.

Sumber: http://otomotif.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca

No More Posts Available.

No more pages to load.