Angkutan Perdesaan Dirancang Khusus Untuk Daerah Tertinggal

oleh -859 Dilihat

Banyumas Raya

 

JAKARTA, – Kementerian Perindustrian menyebut angkutan perdesaan atau yg dikenal sebagai Alat Mekanis Multiguna Pedesaan ( AMMDes) dirancang khusus bagi dapat mengakses daerah tertinggal.

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Harjanto menyebut adanya AMMDes diharapkan mulai memberikan stimulus buat kegiatan ekonomi di wilayah tersebut. Tujuannya demi mengurangi ketimpangan ekonomi dengan daerah lain.

“AMMDes ini dilengkapi spesifikasi teknis khusus buat mampu mengakses daerah-daerah yg selama ini pembangunan infrastrukturnya tertinggal,” kata Harjanto melalui informasi tertulis, Rabu (27/6/2018).

Baca juga: Mobil Perdesaan Meluncur di GIIAS, TKDN 70 Persen

Jokowi jajal Alat Multiguna Perdesaan di IIMS 2018Setyo Adi/ Jokowi jajal Alat Multiguna Perdesaan di IIMS 2018

Sesuai dengan filosofinya sebagai alat kerja yg multiguna, Harjanto menyebut AMMDes juga dirancang dengan fungsi multiguna, fungsi transportasi bagi memobilisasi hasil-hasil pertanian dari desa ke kota, serta fungsi alat produksi buat meningkatkan produktivitas pertanian di perdesaan.

Dengan fungsi multiguna tersebut, AMMDes diharapkan mampu menolong Kelompok Usaha Bersama (KUB), Koperasi, Gapoktan, Bumdes dan kelompok petani atau nelayan lainnya bagi mengangkut dan memproduksi hasil panennya, menolong memperlancar penyediaan sarana produksi serta menolong mempercepat distribusi barang antara kota dan desa.

“Hal ini sejalan dengan semangat Nawa Cita Jokowi-JK bagi membangun Indonesia dari pinggiran, serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis,” ucap Harjanto.

Baca juga: FIN Komodo Anggap Angkutan Perdesaan Bukan Ancaman

Komponen Mobil Perdesaan atau AMMDes. / GHULAM M NAYAZRI Komponen Mobil Perdesaan atau AMMDes.

Selain dampak positif di bidang ekonomi, Harjanto menyebut program AMMDes juga membuka peluang buat pelaku industri bagi menguasai kemampuan bidang penelitian dan pengembangan, terutama rancang bangun dan teknologi desain.

Penguasaan teknologi ini dinilai utama sebagai landasan pengembangan dan kemandirian industri dalam negeri ke depan.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://otomotif.kompas.com
BanyumasRaya.com

No More Posts Available.

No more pages to load.