Mungkinkah PDI-P Cetak “Hatrick” Kemenangan Di 2024?

oleh -83 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

JAKARTA, – PDI-P mencetak sejarah di Pemilu 2019. Partai berlambang banteng itu menjadi partai pertama yg beberapa kali menang pemilu berturut-turut pasca-reformasi. Namun bisakah PDI-P mencetak hatrick kemenangan pada 2024 mendatang?

Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi menilai, bukan tak mungkin PDI-P mampu menjadi partai yg tiga kali menang pemilu berturut-turut.

Syaratnya, PDI-P harus selalu melanjutkan beberapa upaya yg telah dikerjakan sejak kalah di Pemilu 2004 lalu. Pertama, adalah meneruskan tren mencetak kepala daerah yg populer di masyarakat.

“Sejak kalah di pemilu, PDI-P selalu mencetak kader unggul di pilkada, termasuk Pak Jokowi. Dan, itu akhirnya dipanen sekarang,” kata Burhanuddin dalam diskusi di kantor DPP PDI-P, Jakarta, Sabtu (3/7/2019).

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-5112'); });

Baca juga: PDI-P Juga Bakal Calonkan Kadernya Jadi Ketua MPR jika…

Kedua, tambah Burhan, PDI-P harus selalu melanjutkan upaya bagi merebut hati masyarakat muslim yg yaitu pemilih mayoritas di Indonesia. Burhan mengatakan, upaya ini utama karena PDI-P sendiri berasal dari fusi Partai Nasionalis dan Partai Katolik.

Namun Burhan melihat, tren belakangan memperlihatkan bahwa pemilih muslim yg memilih PDI-P selalu bertambah. Hal ini terjadi karena PDI-P berhasil mencitrakan diri sebagai partai yg mendukung Islam toleran.

“Pemilih Nahdlatul Ulama yg memilih PDI-P di Pileg 2019 dahulu bahkan paling gede. Dan, itu mungkin yg menjelaskan PDI-P menang di Jatim,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia ini.

“Itu beberapa syarat penting mencetak hattrick kemenangan di 2024,” sambung Burhan.

Hambatan

Kendati demikian, Burhan mengakui ada juga sejumlah tantangan yg dapat menghambat kemenangan PDI-P di 2024. Salah satunya, faktor Presiden Jokowi yg telah tidak dapat maju lagi di Pilpres 2024.

Padahal, kemenangan PDI-P di Pileg 2019 diyakini karena efek ekor jas dari Jokowi yg yaitu kader partai berlambang banteng itu.

“Sebagian yg memilih PDI-P karena ketokohan Jokowi,” kata Burhan.

Baca juga: PDI-P: Tak Calonkan Napi Eks Koruptor Itu Standar Moralitas Partai

Sementara itu, Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto memastikan bahwa partainya mulai selalu bekerja maksimal buat pemilu 2024 mendatang. Ia menyebut PDI-P mulai fokus membangun kaderisasi hingga menguatkan kelembagaan partai. Oleh karena itulah PDI-P tidak mulai tergantung pada ketokohan orang per orang.

“Prinsipnya untuk kita 2024, kita mulai menyiapkan sebaik-baiknya. Rakyat yg mulai menentukan. Dan, proses selalu membangun organisasi jauh lebih penting. Itu yg dikerjakan PDI-P,” kata dia.

Sumber: http://nasional.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca

No More Posts Available.

No more pages to load.