Menurut Habiburokhman, Ini Alasan Mulan Cs Gugat Gerindra Ke Pengadilan

oleh -61 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

JAKARTA, – Anggota Majelis Kehormatan Partai Gerindra Habiburokhman menjelaskan, gugatan perdata yg dilayangkan sembilan calon legislatif partainya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan bermula karena ditolaknya tuntutan mereka di Majelis Kehormatan Gerindra.

Hal itu disampaikan Habiburokhman ketika bersaksi dalam sidang pemeriksaan saksi terkait gugatan perdata sembilan caleg Partai Gerindra di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2019).

“Tuntutan sembilan caleg ini kepada ketua (Prabowo Subianto) adalah bagi memutuskan mereka sebagai anggota legislatif terpilih. Poin ini enggak dapat diterima karena kami (majelis kehormatan) tak memiliki wewenang,” ujar Habiburokhman.

Baca juga: Habiburokhman Ungkap Ada 2 Tuntutan Mulan Cs kepada Majelis Kehormatan Partai Gerindra

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-5112'); });

Ia menjelaskan, yg memiliki wewenang dalam menentukan siapa caleg terpilih dalam partainya adalah Ketua Dewan Pembina, yakni Prabowo Subianto.

Majelis Kehormatan partai, lanjutnya, juga tak memiliki wewenang dalam meminta Prabowo bagi memutuskan sembilan caleg tersebut sebagai anggota legislatif Partai Gerindra.

“Jadi kewenangan ada di Ketua Dewan Pembina (Prabowo). Tidak pas di level majelis kehormatan. Karena itu, silahkan ke pengadilan supaya ada jawaban,” paparnya kemudian.

Baca juga: Gugatan Caleg Gerindra ke Partainya Usai Ditinggal Keponakan Prabowo

Sebelumnya, 14 calon anggota legislatif dari Partai Gerindra mengajukan sengketa perdata terhadap partainya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Namun, belakangan ada lima orang caleg dari 14 caleg tersebut yg mencabut gugatannya. Salah satunya adalah keponakan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati.

Kepala Humas PN Jaksel Achmad Guntur menyampaikan bahwa mereka mengajukan gugatan agar ditetapkan sebagai anggota legislatif Partai Gerindra.

Gugatan itu teregister dengan Nomor 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL. Pihak tergugat terdiri dari Dewan Pembina Partai Gerindra dan Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra.

Sumber: http://nasional.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca

No More Posts Available.

No more pages to load.