Mendagri Tekankan Bappeda Bantu Kepala Daerah Terpilih Tunaikan Janji Kampanye

oleh -286 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

JAKARTA, – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menekankan agar badan perencanaan pembangunan daerah dan sekretariat daerah menolong mewujudkan visi dan misi kepala daerah terpilih pada Pilkada 2018.

Ia ingin kepala daerah terpilih, dibantu jajarannya seperti bappeda maupun setda, langsung menata program-program kerja daerah secara jelas dan berkesinambungan.

Menurut dia, rancangan yg jelas dan berkesinambungan pemerintah daerah bakal menyukseskan program strategis nasional yg disusun pemerintah pusat.

“Saya mohon bagi dicatat. Tugas Anda (Bappeda dan Sekda) adalah menerjemahkan apa janji kampanye calon gubernur, calon bupati calon wali kota terpilih pada ketika Pilkada serentak,” ujar Tjahjo dalam sambutannya di acara Konsolidasi Penyiapan RPJMD 2019-2023 di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Politisi PDI-P itu ingin visi misi kepala daerah terpilih disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan daerah melalui rancangan program yg berkelanjutan dan jelas.

Baca juga: Mendagri Terbitkan Instrumen Hukum Pembangunan Berkelanjutan

“Disesuaikan dengan karakteristik daerah. Mana yg padat penduduk, mana yg rawan bencana dan sebagainya. Tantangan ketimpangan sosial ini masih ada,” kata dia.

Menurut dia, masalah kemiskinan, gizi anak, sanitasi, perumahan, irigasi hingga angka kematian ibu hamil yg tinggi masih menjadi tantangan buat pemerintah daerah.

“Termasuk 178 kecamatan di perbatasan khususnya, pengadaan puskemas, dokter, perawat, obatnya harus ada. Puskemas pembantunya juga harus selesai. Tolong rumah sakit rujukan di daerah tingkat beberapa harus ada lengkap dengan sarananya,” kata dia.

Tjahjo kemudian bercerita saat berkunjung ke Atambua, Nusa Tenggara Timur, dua waktu lalu.

Saat itu, ia menemukan terminal bus megah yg terbengkalai tanpa dukungan armada. Itu karena, infrastruktur jalan dan sarana lainnya juga tak mendukung.

Oleh karena itu ia meminta agar pemerintah daerah nantinya dapat menentukan skala prioritas. Di sisi lain, ia juga mengingatkan, penyusunan program harus dikoordinasikan dengan DPRD.

“Di dalamnya ada DPRD menyusun perencanaan anggarannya perda-perdanya dan fungsi yg ada,” ujar Tjahjo.

TV Simak dialognya dalam Petang berikut.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca