Komnas HAM Sebut Kodam Jaya Tak Gubris Saran Soal Pengosongan Rumah Di Tanah Kusir

oleh -148 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

JAKARTA, – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Amiruddin Al Rahab mengungkapkan Kodam Jaya tak mengindahkan saran yg diberikan terkait pengosongan rumah di Kompleks Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Alhasil, pengosongan rumah dinas oleh anggota TNI itu berbuntut kericuhan pada Rabu (9/5/2018). 

“Apa yg kalian sarankan ternyata tak diindahkan Kodam Jaya. Jadinya kayak begitu, kalau Kodamnya mengikuti saran kami, kalau diikuti ya tak mulai rame begitu,” kata Amiruddin di kantor Komnas HAM, Jakarta, Rabu.

Dia mengaku telah beberapa kali berkomunikasi dengan aparat dari Kodam Jaya, supaya proses pengosongan rumah mampu lebih manusiawi. Yang terjadi justru pengosongan rumah dikerjakan dengan gusur paksa. 

Baca juga : Pengosongan Rumah di Kompleks Tanah Kusir Ricuh, 2 Orang Terluka

Dengan demikian, warga pun masih melakukan perlawanan hingga membuat keadaan ricuh dan menimbulkan korban luka. 

Menurut Amiruddin, pihaknya mulai melakukan komunikasi dengan Kodam Jaya, agar kejadian serupa tak berulang lagi.

“Nanti kami aka mencoba komuikasi dengan Kodam Jaya, masyarakat juga harus mampu mengendalikan diri, supaya porsesnya dapat berjaan dengan baik,” kata Amiruddin.

Baca juga : Kodam Jaya Sebut Beri SP 1-3 ke Warga Kompleks Tanah Kusir sejak 2017

Sebelumnya, Asisten Logistik Kodam Jaya Kolonel Tri Hascaryo mengatakan, mulai mengosongkan 30 rumah warga yg berada di Kompleks Perumahan Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Ada 933 personel TNI yg diterjunkan di lapangan.

Adapun TNI menyebut rumah tersebut yaitu rumah dinas punya TNI Angkatan Darat yg ketika ini tak lagi dihuni oleh anggota TNI aktif maupun purnawirawan TNI.

“Jumlah rumah di kompleks ini ada 326, kalian mulai kosongkan 30 rumah. Tapi bagi hari ini ada 10 rumah dulu,” ujar Tri di Kodim 0504, Jakarta Selatan, Rabu (9/5/2018). 

TV Akibat kericuhan ini, akses Jalan Arteri Pondok Indah sempat lumpuh.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

 

Sumber: http://nasional.kompas.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca