Tips Tumpas Salmonella Dari Makanan Anda

oleh -316 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Baru-baru ini, otoritas Amerika Serikat menarik sekitar 200 juta butir telur dari pasaran gara-gara mengandung Salmonella. Pemberitaan ini tentu membuat orang dimanapun mengkhawatirkan makanan yg mereka konsumsi.

BERITA TERKAIT
  • Jangan pernah menyiram toilet dengan kondisi terbuka!
  • 10 Makanan dengan kontaminasi bakteri paling tinggi, apa saja?
  • 5 Kebiasaan remeh yg jadi sumber penyebaran kuman penyakit

Penarikan dikerjakan setelah ada 22 laporan orang sakit usai mengonsumsi telur ayam. Kejadian ini pertama kali diketahui setelah FDA menerima laporan salah sesuatu konsumen yg tinggal di wilayah pesisir timur Amerika Serikat.

Telur ayam yg diduga tercemar bakteri salmonella, merupakan telur hasil produksi Hyde County Farm yg dijual dengan dua merek dagang seperti Country Daybreak, Food Lion, dan Crystal Farms biasa didistribusikan ke toko-toko ritel dan restoran di Colorado, Florida, New Jersey, New York, Noth Carolina, Virginia dan West Virginia.

Bakteri salmonella mampu ditemukan dalam makanan yg kuta konsumsi. Untuk itulah utama menjaga kebersihan bahan makanan yg mulai diolah.

Bakteri salmonella mampu menyebabkan demam tifoid atau lebih dikenal dengan nama tifus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yg terkandung dalam makanan yg terkontaminasi.

Mencegah Salmonella

Meskipun keberadaan salmonella dalam makanan tak bisa dideteksi dengan cara biasa, bukan berarti Anda tak bisa mengurangi risiko bakteri ini. Nah, berikut ini adalah tips bagi mengurangi risiko tercemarnya makanan dengan bakteri salmonella. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sebelum mengonsumsi telur, pastikan Anda memasaknya hingga benar-benar matang.
2. Masak daging hingga kematangan yg sempurna. Daging yg dimasak dengan sempurna mampu membunuh bakteri jahat dalam makanan. Hal ini mampu menolong mengurangi risiko daging tercemar bakteri salmonella.
3. Simpan makanan panas dan dingin secara terpisah.
4. Hindari membiarkan makanan terbuka. Simpan makanan dengan tertutup agar terhindar dari bakteri jahat.
5. Jaga kebersihan alat masak dan makan.
6. Selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum memegang makanan.

Mengingat parahnya akibat dari bakteri salmonella, Anda sebaiknya lebih menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Bakteri salmonella mampu menyerang siapa saja. Tetap berhati-hati!

Sumber: Vemale.com [ita]

Sumber: http://www.merdeka.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca