Tingkatkan Kualitas Hidup Lewat Kesehatan

oleh -111 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Para pekerja menjadi tulang punggung keluarga. Ini adalah sebagai aset negara dan keluarga. Hal tersebut mampu terwujud dengan adanya kesehatan yg baik.

Para pekerja menjadi penggerak ekonomi bangsa dan pencetak generasi penerus banggsa. Semua itu harus didukung dengan kesehatan. Menurut drg . Kartini Rustandi, M.Kes, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kementerian Kesehatan RI, pada dasarnya, pekerja harus mementingkan kesehatan dirinya sendiri. Karena dengan kesehatan yg baik mulai menghasilkan produktivitas yg tinggi.

“Setiap pekerja harus diperhatikan. Karena pada dasarnya, para pekerja adalah kunci dari pencetak Generasi penerus bangsa. Karena itu, pekerja harus sehat dan bugar. Kesehatan kerja sangat penting. Karena ini adalah upaya yg ditujukan buat melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari penyakit. Karena itu pentingnya kesehatan buat setiap para pekerja,” kata Kartini ketika ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa, (11/12/2018).

Karena itu, Kementerian Kesehatan RI mengadakan edukasi pentingnya implementasi budaya K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), di lingkungan kerja dalam rangka mendukung stabilitas ekonomi nasional. Salah sesuatu bentuk sosialisasi adalah penyusunan buku Pedoman K3 yg mulai diluncurkan pada Bulan K3 merupakan sepanjang 12 Januari 12 Februari.

Menurut drg. Kartini Rustandi, M.Kes, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kementerian Kesehatan RI mengatakan, berkembangnya pembangunan ekonomi di Indonesia secara segera meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama para pekerja. Namun, di sisi yang lain para pekerja juga berpotensi terpapar bahaya ketika bekerja, seperti penyakit akibat kerja dan kecelakaan pada ketika bekerja.

“Data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) menyatakan setidaknya terjadi 110.285 masalah kecelakaan kerja pada tahun 2015; sebanyak 105.182 perkara pada tahun 2016; dan sebanyak 80.392 masalah hingga Agustus 2017,” papar Kartini.

Lebih lanjut drg. Katini menjelaskan, perlindungan buat pekerja perlu dikerjakan sebagai upaya meningkatkan efektifitas keselamatan dan kesehatan pekerja selaku penggerak roda perekonomian bangsa, aset buat tempat kerja, tulang punggung keluarga, dan pencetak generasi penerus bangsa.

Karena itu, Kementerian Kesehatan RI menyusun buku Pedoman K3 yg mampu digunakan sebagai acuan dalam membangun budaya K3 dalam lingkungan kerja. Implementasi budaya K3 dinilai efektif dalam menciptakan lingkungan kerja yg sehat, nyaman, dan kondusif sehingga pekerja mampu memberikan kontribusi maksimal dengan keadaan kesehatan yg prima.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca