Tiga Sumber Penyakit Yang Timbul Pasca Banjir

oleh -94 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Berbagai penyakit mampu ditimbulkan oleh tiga jenis.

Penyakit yg ditularkan makanan dan minuman penyebaran secaraFecal Oral: infeksi kolera, disentri, rotavirus serta demam typhus.

“Pasien dengan infeksi usus dapat tiba dengan diare, muntah berak, mules ketika BAB dan BAB ada darah. Diare juga menjadi KLB pada banjir Jakarta dua tahun yg lalu,” papar Prof. Ari Fahrial Syam Akademisi dan Praktisi Klinis, sepeti yg dikutip dari siaram pers, Jakarta, Kamis, (02/01/2020).

Kemudian, penyakit yg ditularkan oleh nyamuk (penyakit disebarkan melalui vektor penyakit).

“Penyakit yg dibawa oleh vektor penyakit, misalnya Dengue Hemorrhagic Fever(DHF) yg dibawa melalui gigitan nyamukAedes aegypti,” tambahnya.

Penyakit yg ditularkan melalui tikus. Penyakit yg ditularkan melalui hewan dari ordoRodentia, merupakan tikus yaitu penyakit yg juga kadang didapat ketika pasca banjir.

“Salah sesuatu jenisrodent borne diseaseyang bisa timbul pada bencana banjir adalah leptospirosisyang dibawa melalui kencing dan kotoran tikus dalam genangan banjir. Apabila kami mengalami luka terbuka pada tangan atau kaki atau mukosa mulut, maka air yg telah tercemar dengan kotoran tikus yg telah mengandung leptospirosis mulai menularkan kita,” ujarnya.

Pasien dengan leptospirosis tiba dengan keluhan demam tinggi mendadak, sakit kepala, mual muntah, lemas, nyeri otot terutuma otot betis, mata merah dan timbul kuning pada mata dan kulit.

“BAK berubah seperti air teh. Sekilas pasien ini seperti pasien dengan infeksi hepatitis virus. Penyakit leptospirosis sangat berbahaya seandainya penyakit berlanjut dengan berbagai komplikasi antara yang lain terjadi kerusakan ginjal, peradangan pankreas, liver, paru dan otak,” tambahnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca