Tiga Penyakit Yang Kerap Timbul Saat Liburan

oleh -75 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Liburan adalah hal yg sangat menyenangkan bagi anak – anak. Namun, karena terlalu asik dengan bermain ketika libur, terkadang, kebersihan kerap terlupakan.

Dengan begitu, otomatis kuman cepat masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan banyak penyakit. Menurut dr. Diatrie Anindyajathi,MSc, Sp, A dari Rumah Sakit Bhayangkara RS. Sukanto, ada tiga penyakit yg kerap timbul ketika masa liburan.

“Tiga penyakit itu tidak jarang terjadi pada anak, merupakan diare, batuk, dan pilek,” kata Diatrie kepada Jakarta, Sabtu, (05/01/2019).

Menurutnya, perubahan cuaca yg akhir – akhir ini terjadi juga menjadi hal yg sangat berpengaruh untuk kesehatan anak. Cuaca belakangan kelihatan panas, hujan, dan bergantian. Ini yg kerap menimbulkan virus.

“Tetapi, penyakit batuk dan pilek itu terkait dengan kebersihan. Jika sedang berpergian, cuma mampu memakai tisu, tak memakai tisu basah dan cuci tangan. Otomatis, hal itu mulai menimbulkan kuman. Pertumbuhan kumannya semakin kuat,” tambahnya.

Masih menurutnya, ada baiknya usahakan orangtua mencuci tangan buah hatinya dengan baik memakai air mengalir. Jika tak memungkinkan, mampu memakai hand sanitizer.

“Kalau buat bayi di bawah sesuatu tahun, lebih baik pakai tisu basah yg foodgrade,” paparnya.

Agar tak mengalami kerepotan ketika anak sakit saat liburan, orangtua harus menyiapkan obat-obatan yg biasa dikonsumsi anak saat sakit. Ini sangat berguna, saat kondisi darurat ketika berada di tengah perjalanan dan datang – datang anak mengalami sakit.

“Bawa obatan – obatan buat diare, seperti obat yg mengandung probiotik, zinc. Kemudian, Membawa obat penurun panas. Kalau ada kejang, mampu memakai obat anti kejangnya. kemudian, buat batuk dan pilek, itu tergantung anaknya. Biasanya batuk pileknya seperti apa. Kalau cuma radang saja, dapat minta diresepin oleh dokternya bagi memakai obat puyer,” jelasnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca