Tiga Kategori Penting Saat Latihan Fisik

oleh -408 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Latihan fisik idealnya mampu mewakili tiga kategori merupakan cardiorespiratory fitness, stretching, dan strengthening. Ketiga hal tersebut sangat gampang dan dapat dikerjakan di rumah.

Menurut Dr. Ade Jeanne L. Tobng SpKO, dokter spesialis kedokteran olahraga dari perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, aktivitas fisik yg ringan dan sederhana yg mampu dikerjakan adalah melakukan latihan di kursi ruang makan, atau jogging memutari halaman rumah buat latihan cardiorespiratory fitness.

“Anda bisa melakukan stretching memakai sapu dan bahkan melakukan gerakan strengthening dengan handuk setelah mandi. Latihan fisik ini mampu dilengkapi dengan olahraga teratur seperti aerobik, yoga, atau pilates. Ini mulai menolong kesehatan tulang, sendi, dan otot,” papar Dr. Ade Jeanne L. Tobing SpKO, dokter spesialis kedokteran olahraga dari perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga ketika ditemui di acara anlene kampanyekan Ayo Indonesia Bergerak, Jakarta, Rabu, (11/04/2018).

Dengan melakukan tiga tahap tersebut, masih menurut Ade, masyarakat mampu menjalankan hidup sehat dengan sederhana tanpa harus repot melakukan aktivitas fisik yg berat. Terlebih buat para orangtua.

“Untuk yg memiliki berat badan berlebih disarankan melakukan olahraga ringan, misalnya berjalan kaki. Ini buat mencegah kerusakan pada tulang terutama buat di lutut,” tambahnya.

Idealnya, dalam menjalankan aktivitas fisik disarankan melakukan minimal 30 menit sehari setidaknya tiga kali dalam seminggu atau total 2,5 jam per minggu. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca