Tidur Nyenyak Di Musim Dingin

oleh -54 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Musim dingin sangat tepat bagi tidur. Namun, untuk sebagian orang, tidur ketika musim dingin sangat menyakitkan dan mengganggu kualitas dan kuantitas tidur.

Mengutip dari health, Senin, (21/01/2019), seandainya Anda tidak jarang sulit tidur di musim dingin, ada cara yg tetap bagi mengatasinya. Salah satunya adalah dengan mendapatkan sedikit cahaya di pagi hari.

Pada musim dingin, sangat sedikit jam siang. Menurut Nidhi Undevia, MD, professor of sleep medicine di Loyola University Medical Center, terutama di garis lintang utara di mana perbedaan antara musim paling besar ekstrim. Itu karena sinar matahari memicu penindasan melatonin, hormon yg menolong tubuh mempersiapkan diri bagi tidur.

“Kami tidur lebih baik selama melatonin disekresi, dan umumnya dihilangkan sekitar sesuatu setengah jam sampai beberapa jam sebelum kita tidur,” kata Dr. Undevia.

Tetapi selama musim dingin, cahaya pagi mungkin tak secerah itu, katanya. Sehingga produksi melatonin siang hari bisa ditekan kurang dari pada musim panas.

Selain itu, matahari terbenam lebih awal, yg berarti kadar melatonin akan naik pada sore atau malam hari.

“Karena faktor-faktor ini, kami tak mendapatkan pasang surut melatonin,” kata Dr. Undevia.

“Itu berarti kami mungkin merasa lebih lamban dan lebih lelah di siang hari, dan kalian juga tak mendapatkan dorongan ekstra di malam hari bagi menolong kami benar-benar mati buat tidur,” tambahnya.

Untuk mengatasi perubahan musiman ini, Dr. Undevia merekomendasikan buat keluar rumah di pagi hari, langsung setelah matahari terbit.

Jika itu tak memungkinkan, cobalah setidaknya duduk dekat jendela selama dua jam pertama siang hari. Anda juga mampu menolong menjaga sekresi melatonin sesuai jadwal dengan menghindari cahaya terang di malam hari.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca