Penelitian: Jarang Senyum Dan Dingin Itu Tidak Keren!

oleh -398 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Selama ini, sosok dingin, tanpa ekspresi kerap dianggap keren dan cool. Namun, sebuah penelitian justru membuktikan sebaliknya.

BERITA TERKAIT
  • Anak perempuan Indonesia krisis yakin diri
  • Steve Jobs dan Bill Gates justru larang anak pakai gadget, kenapa?
  • 4 Efek buruk smartphone buat kesehatan fisik dan mentalmu

Sebuah studi menemukan senyum malah membuat Anda kelihatan lebih keren. Penelitian ini dipublikasikan di Journal of Consumer Psychology.

Para peserta yg terlibat di sini menyatakan, orang yg secara emosional tak ekspresif justru kelihatan tak keren, mereka tampak dingin.

“Ada keyakinan bahwa orang menjadi keren saat bersikap tak ekspresif,” kata penulis penting dalam studi ini, Caleb Warren. Dia adalah asisten profesor pemasaran di Universitas Arizona, Amerika Serikat, seperti dilansir dari New York Post, Kamis (19/4/2018).

“Menjadi tak ekspresif malah membuat orang kelihatan kurang keren. Mereka mulai kelihatan lebih menarik bila tersenyum,” tambahnya.

Iklan

Untuk melakukan penelitian ini, Warren dan rekan-rekannya memamerkan dua iklan cetak merek pakaian pada para peserta.

Model dalam iklan tersebut antara yang lain adalah Michael Jordan dan James Dean. Dalam gambar tersebut, para model memiliki beberapa ekspresi, tersenyum dan tidak.

Hasilnya, para peserta menganggap bahwa model menjadi lebih kelihatan keren saat mereka tersenyum.

Dalam penelitian tambahan, ekspresi tak tersenyum dalam konteks kompetisi dilihat sebagai dominasi dan membuat orang tersebut kelihatan lebih keren. Hal ini diuji pada gambar seorang petarung MMA yg berinteraksi dengan lawannya sebelum pertandingan.

“Jika Anda berada di meja makan, tak ekspresif berarti tak keren. Namun, berbeda kalau di meja poker,” kata Warren.

Warren menambahkan, keren mampu diartikan sebagai sifat positif dan subyektif yg kami rasakan pada seseorang, saat mereka berperilaku secara otonom dengan cara yg tepat.

“Itu artinya mereka bebas mengikuti jalan mereka sendiri, serta dikerjakan tanpa kelihatan seperti orang brengsek atau mengganggu,” tambah Warren.

Penelitian ini sendiri berguna pada bidang periklanan dan fesyen.

Jadi akan ketika ini, kalau Anda ingin kelihatan lebih keren, tersenyumlah! Studi sudah membuktikan, enggak senyum itu enggak keren.

Reporter:Giovani Dio Prasasti

Sumber: Liputan6.com [ita]

Sumber: http://www.merdeka.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca