Pasien Kanker Ginjal Kerap Alami Turun Berat Badan

oleh -56 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Pasien kanker termasuknya kanker ginjal umumnya mengalami penurunan berat badan, lemas dan nafsu makannya berkurang.

Pasien yg diduga adanya tumor ginjal dapat ditemukan oleh dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam.

“Apabila hasil pemeriksaan telah mengarah ke tumor ginjal pasien dikirim ke Dr.Urologi yg mulai melakukan tatalaksana tumor ginjal lebih lanjut termasuk pengangkatan ginjal seandainya memang telah diduga adanya kanker ginjal,” papar Prof Ari Fahrial Syam, Akademisi dan Praktisi klinis, seperti yg dikutip dari siaran pers, Jakarta, Selasa, (17/12/2019).

Saat ini sebenarnya sejak tahun 2005-2006, dokter onkologi urologi Indonesia telah terbiasa bagi melakukan pengangkatan semua ginjal atau sebagian ginjal salah satunya karena tumor ginjal dengan memakai tehnik laparaskopi dan tak perlu lagi dengan operasi dengan luka operasi yg besar.

“Untuk tambahan keterangan bagi masyarakat ada dua faktor risiko yg tercatat berhubungan dengan kanker ginjal ini merupakan merokok, obesitas dan hipertensi. Faktor risiko yang lain yg berhubungan dengan kanker ginjal ini adalah faktor genetik,” tambahnya.

Semakin dini atau stadium awal kanker ginjal ditemukan maka prognosisnya dan kelangsungan hidupnya mulai lebih baik.

“Dengan mengenal gejala awal dan faktor risiko yg terjadi, masyarakat mampu mengenali penyakit ini dan terhindar dari penyakit ini,” ujarnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca