Menkes Kunjungi Warga Binaan Pemasyarakatan

oleh -51 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila F Moeloek melakukan kunjungan ke Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta, Jatinegara.

Bukan tanpa alasan Menkes melakukan kegiatan tersebut. Dia menyatakan WBP dan tahanan adalah kelompok yg rentan mengalami penularan HIV. Karena itu, perlu langsung diketahui status HIV-nya. Selain itu, jumlah WBP dan tahanan narkotika cenderung meningkat dalam beberapa tahun berlakangan ini di Indonesia.

“Dua tahun dulu ada sekitar 1400 orang di Lapas dan mengalami HIV. Dari segi kesehatan, tadi diungkapkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Yasoona H. Laoly SH., MSc., Ph.D, bukan semakin turun malah semakin tinggi,” kata Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek ketika ditemui di LP Cipinang, Jakarta, Senin, (17/12/2018).

Peringatan Hari AIDS Sedunia atau HAS tahun ini mengambil tema Saya Berani, Saya Sehat! Artinya, berani memeriksa status HIV dan bila positif HIV mulai tetap sehat karena patuh minum obat ARV.

Tema ini dipilih sebagai bagian dari pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam pencegahan dan pengendalian HIV AIDS dengan pendekatan deteksi dini (early detection) dan pengobatan langsung (prompt treatment).

“Begitu diketahui positif HIV, kita berikan (obatnya). Bukan berarti kalian biarkan yg ada di dalam lapas,” tambahnya Nila.

Jika para (WBP) telah bebas dan keluar dari LP, bukan berarti pengobatan HIV dihentikan. Menkes menambahkan, para WBP dapat melakukan pengobatan dan mendapatkan obat ARV di Puskesmas.

“Obat yg diberikan adalah gratis. Tidak perlu bayar dan kalian sediakan,” tegasnya.(tka)

Sumber: http://gayahidup.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca