Menkes Imbau Waspada Penyakit Leptospirosis

oleh -69 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Letjen (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad(K), mengimbau kepada masyarakat penyakit yg menyerang pencernaan khususnya dari bangkai hewan, merupakan tikus.

Penyakit tersebut adalah leptospirosis. Ini biasanya timbul usai musim hujan atau banjir.

“Ya akan dari penyakitnya itu pencernaan leptospirosis karena itu kalian lihat bangkai bangkai tikus banyak,” kata Terawan di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Jumat, (03/01/2020).

Menkes Terawan kemarin, berkesempatan melihat segera lokasi banjir, Kampung Duri, Kecamatan Cengkareng Barat, dan titik wilayah banjir lainnya.

“Kemarin banyak bangkai binatang juga ada sehingga aku kemarin meninjau itu aku segera melihat langsung, waduh ini berarti air bersih yg harus langsung di inikan,” tambahnya.

Masih menurutnya, sumber air bersih pasca banjir sangat diperlukan. Selain buat mendukung PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), juga buat membersihkan rumah yg kotor paska mengalami genangan air masuk.

“Sumber-sumber air misalnya sumur yg tenggelam karena itu harus langsung kalian apa surfilence, kalian skrining, kalian awasi, selalu daerah daerah itu juga harus langsung mampu terpenuhi persoalan kebutuhan air bersih,” paparnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca