Mengejutkan! Ternyata Ini Dampak Soda Pada Kesehatan Tubuhmu

oleh -113 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Menurut penelitian yg dilansir dari boldsky.com, soda sebenarnya hanyalah air biasa yg diinfuskan dengan karbon dioksida di bawah tekanan (karbonasi). Minuman bersoda biasa tak mulai begitu berbahaya untuk tubuh karena keasamannya mulai dinetralisir oleh air liur di mulut begitu masuk ke dalam tubuh.

BERITA TERKAIT
  • Obyek cukai Indonesia kalah dibanding Malaysia hingga Thailand
  • Polisi amankan minuman bersoda palsu di Aceh Besar
  • [Resep] 4 Makanan enak ini dapat kamu untuk dengan minuman bersoda

Namun, saat air berkarbonasi ini dikombinasikan dengan gula atau pemanis buatan, pH minuman mulai jadi membahayakan oleh tubuh karena terjadi kenaikan gula dalam darah secara tiba-tiba.

Masih dari penelitian yg sama, berikut adalah efek buruk dari minuman bersoda buat kesehatan tubuhmu.

Penyakit jantung
Aterosklerosis adalah salah sesuatu penyebab penting dari penyakit arteri koroner. Aterosklerosis menyebabkan terjadinya penyempitan arteri karena adanya plak sebagai akibat dari naiknya gula dalam darah. Dan minuman bersoda gula mampu menjadi faktornya.

Sehingga semakin banyak minuman bersoda yg kamu konsumsi, maka mulai semakin besar pula risikomu buat terkena penyakit jantung.

Penambahan berat badan dan penuaan
Kelebihan gula mulai disimpan di dalam tubuh sebagai lemak. Hasilnya mulai terjadi penambahan berat badan. Kemudian telomere di kromosom juga memburuk yg mempercepat terjadinya proses penuaan dini.

Berkurangnya jumlah sperma dan kerusakan kulit
Konsumsi air bersoda yg berlebihan mulai menyebabkan ketidakseimbangan pH dan kadar glikemik dalam tubuh. Ketidakseimbangan yg berkelanjutan ini mulai menyebabkan timbulnya jerawat serta mengurangi jumlah sperma pria.

Diabetes
Tak diragukan lagi bahwa konsumsi minuman soda berlebih mulai meningkatkan risiko diabetes karena naiknya gula darah secara signifikan.

Osteoporosis
Osteoporosis adalah keadaan yg disebabkan karena berkurangnya penyerapan kalsium dalam tubuh. Minuman bersoda mengandung Phosphoric acid. Fosfor, meski utama bagi mempertahankan kepadatan tulang, seandainya terlalu banyak juga mampu mengurangi penyerapan kalsium.

Kerusakan gigi
Bakteri yg ada di dalam mulut mulai bereaksi dengan gula dari soda yg kemudian membentuk asam dan menyerang enamel gigi. Serangan asam terus-menerus ini mulai melemahkan gigi, menyebabkan gigi berlubang, hingga merusak kilau putih alami gigi. [feb]

Sumber: http://www.merdeka.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca