Makanan Yang Harus Dipersiapkan Saat Liburan

oleh -79 views
Cloud Hosting Indonesia

Banyumas Raya

Jakarta – Liburan adalah hal yg sangat menyenangkan. Agar liburan lancar, orangtua kerap mempersiapkan makanan yg terbaik buat buah hatinya.

Menurut dr. Diatrie Anindyajathi,MSc, Sp, A dari Rumah Sakit Bhayangkara RS. Sukanto, para orangtua usahakan membawa makanan sendiri dari rumah. Ini tentu lebih terjaga kebersihannya.

“Kalau masih di bawah sesuatu tahun, usahakan membawa makanan yg dipersiapkan oleh kalian sendiri di rumah, merupakan MPASI (Makanan Pendamping ASI). Tapi, kalau sedang berpergian, tak mungkin dong, kami misalkan mau bikin MPASI dari rumah. Kita taruh di wadah, dan dibiarkan di dalam suhu ruangan 2 jam, 3 jam, otomatis kuman telah masuk. Itu menyebabkan diare,” kata Diatrie kepada Jakarta, Jumat, (04/01/2019).

Jadi bagi itu, masih menurutnya, orangtua mampu memakai pilihan yang lain merupakan membawa makanan kemasan dari rumah.

“Pilihan lainnya adalah kami mampu memakai MPASI pabrikan dan nanti kami mampu mengencerkan ketika ingin makan,” tambah Diatrie.

Dia menjelaskan, MPASI pabrikan itu adalah yg telah dihitung dan ditakar disuperfisi dengan ketat. Kemudian, telah terdapat kode internationalnya.

“Jadi tak mungkin mengandung zat – zat yg membahayakan bayi. Sebenarnya sih paling aman. Tapi yg paling enggak enak, rasa dan teksturnya tak dapat diganti – ganti. Tetapi kalau buat kondisi darurat saja tak apa – apa,” ungkapnya.

Jika orangtua tetap ingin membawa makanan buatan rumah, usahakan membawa peralatan yg memadai. Hal ini agar makanan tetap terjaga keutuhan nutrisi dan terhindar dari kuman.

“Kalau tetap ingin memakai makanan buatan sendiri, harus membawa cooler box dan itu maksimal cuma empat jam sampai enam jam. Kalau lebih dari itu, esnya mulai mencair. dan itu mulai menimbulkan kuman juga,” paparnya. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com
BanyumasRaya.com

Komentar Pembaca